Langsung ke konten utama

Kenali Gejala dan Bahaya Sinusitis apabila tidak diobati

Apa anda sedang mengalami pilek ataupun hidung mampet yang berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun dan sulit untuk disembuhkan? mungkin saja anda sedang mengalami Sinusitis. Sinusitis bisa dikarenakan bakteri ataupun virus yang menginfeksi bagian-bagian tertentu di wajah bagian pipi, kedua mata, dahi, dan belakang dahi biasanya tindakan yang dilakukan apabila sinus belum parah bisa dengan mengkonsumsi antibiotik dari dokter dan apabila sinus terlanjur parah anda perlu tindakan lebih lanjut seperti operasi ataupun penyedotan lendir di sinus, adapun sinusitis yang dikarenakan alergi seperti debu dan dingin ini yang sangat sulit untuk disembuhkan karena apabila dilakukan operasi ataupun penyedotan lendir di sinus maka lama kelamaan pun sinus akan kembali lagi.

Gejala Sinusitis
Gejala sinusitis yang perlu anda ketahui biasanya terdapat gejala-gejala seperti:
  • Sakit kepala
  • Nafas berbau 
  • Hidung tersumbat
  • Batuk yang memburuk saat  malam hari
  • Rasa sakit pada daerah dahi, pipi, hidung, dan diantara mata
  • Berkurangnya daya indera penciuman dan pengecap
  • Hidung meler dengan lendir berwarna hijau pekat
  • Demam
Bila anda menemukan gejala-gejala tersebut tindakan pertama yang anda perlu lakukan adalah menemui dokter untuk melakukan tes laboraturium yang biasanya dokter merujuk pasien untuk melakukan beberapa pengecekan menggunakan MRI ataupun CT Scan yang lebih akurat.


sinusitis, gejala dan bahaya sinusitis
Sinusitis


Penyebab Sinusitis
Penyebab sinusitis ini terbagi menjadi 2 yaitu:
- Dentogenik/Odontogenik ataupun kelainan gigi yang menyebabkan sinusitis ini menginfeksi bagian gigi geraham atas
- Rhinogenik atau penyebab kelainan/masalah di hidung seperti pembengkakan pada lapisan hidung atau biasanya alergi, polip hidung, ataupun pergesaran pada rongga hidung

Ada 5 Jenis bakteri pada sinusitis ini antara lain Streptococcus pneumoniae, Moraxella Catarrhallis, Staphylococcus aureus, Haemophilus influenzae, dan Streptococcus pyogenes. Biasanya apabila penyebab sinusitis dari kelima jenis bakteri ini maka dokter akan memberi antibiotik minimal 10 hari sampai 14  hari.

Bahaya sinusitis apabila tidak diobati
Bahaya sinusitis apabila tidak diobati dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang menyebabkan:
  • Radang pembuluh darah
  • Radang selaput otak atau meningitis
  • Memicu asma
  • Memicu gangguan pendengaran
  • Memicu gangguan penglihatan
Hal yang dapat anda lakukan adalah:
  • Mengkonsumsi air putih yang cukup
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi
  • Kompres dengan air hangat di sekitar antara hidung dan mata
  • Menggunkan masker saat naik kendaraan bermotor
  • Segera kunjungi dokter
Maka oleh karena itu apabila anda menemukan gejala-gejala di atas yang dapat menyebabkan sinusitis maka lebih baik datangi dokter THT dan segera di tindak lanjuti sampai tuntas/sembuh karena apabila tidak tuntas maka akan berefek penyakit komplikasi seperti diatas.

Pencegahan sinusitis

Langkah awal untuk terhindar dari sinusitis dengan cara gaya hidup sehat dan rajin membersihkan rumah, membuka ventilasi udara, sering mengganti sprei, dan usahakan didalam rumah tersinari oleh sinar matahari karena apabila tidak tersinari udara akan menjadi lembap dan tentunya sinusitis ini sangat mudah untuk menyerang anda. Namun anda jangan khawatir apabila sinusitis menyerang/kambuh karena ada beberapa cara pengobatan sinusitis yang ada di kedokteran maupun herbal. Oleh karena itu hidup sehat merupakan langkah awal bagi kita untuk terhindar dari berbagai penyakit seperti sinusitis ini. semoga  bermanfaat

Komentar

  1. Terimakasih sudah berbagi informasi seputar sinusitis, artikel yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Lipoma? Apakah Berbahaya?

Apa itu lipoma? Lipoma adalah benjolan lunak atau tumor jinak yang terdapat  pada kulit bagian bawah atau pada jaringan lemak. Lipoma biasanya dijumpai di semua kalangan bukan hanya pada orang yang lanjut usia saja, lipoma (tumor lemak) biasanya terletak pada bagian kepala, leher, bahu, badan, ketiak, punggung, pinggul, ataupun pantat. Lipoma ini tidak berbahaya dan jarang sekali menjadi tumor ganas. Bagi sebagian orang, memiliki beberapa lipoma pada bagian tertentu pada tubuhnya serta tidak sedikit yang memiliki  lipoma hanya 1 buah saja.

Gejala Lipoma
Lipoma (tumor lemak) ini biasanya berwarna hitam pada kulit bersifat lunak pada perabaan dan dapat digerakan serta tidak nyeri, tetapi bagi sebagian orang yang letak lipomanya berdekatan dengan jaringan saraf tentunya akan  terasa nyeri dan terasa gatal. Tumor jinak ini biasanya berukuran kecil namun dapat tumbuh hingga mencapai diameter 6 cm bahkan lebih. Untuk mendiagnosis lipoma sebaiknya anda mengunjungi dokter karena agar diketahui …

Pengobatan Sakit Maag dan Asam Lambung Naik (GERD) Dengan Obat dan Ramuan Tradisional yang Terbukti Ampuh

Sakit maag dan asam lambung naik (GERD) memang tidak jarang ditemukan di masyarakat tanah air ini. Siapa sih yang ingin sakit?pasti anda semua tentunya ingin terlihat sehat setiap hari kan. Sakit maag dan asam lambung naik memang penyakit yang butuh perawatan secara konsisten agar penyakit ini dapat disembuhkan secara keseluruhan, tak jarang seseorang yang memiliki maag ini berbulan-bulan ataupun tahunan, karena mungkin orang tersebut tidak cepat ambil tindakan dengan mengunjungi dokter dan dalam pengobatannya pun tidak secara tuntas sehingga sakit maag ataupun GERD kembali kambuh. Tetapi anda jangan khawatir karena penyakit ini dapat disembuhkan seiring waktu.
Pengobatan sakit maag dan asam lambung (GERD) naik dapat menggunakan resep dokter ataupun ramuan turun temurun dari nenek moyang kita yang terbukti cukup ampuh menyembuhkan penyakit yang menyerang organ lambung ini. Pertama, pengobatan sakit maag dari resep dokter memang ampuh dan apabila seseorang yang terkena penyakit ini memi…