-->

Cara Diet Sehat Dengan Menghitung Kalori Harian, Terbukti Berhasil!

Cara Diet Sehat Dengan Menghitung Kalori Harian, Terbukti Berhasil! - Diet Sehat merupakan diet yang dianjurkan dan tentunya tidak menyiksa tubuh anda. Cara diet sehat dan murah?tentunya ada dan jangan sekali-sekali untuk berdiet yang menyiksa tubuh seperti mengurangi kalori harian yang sangat drastis, diet seperti itu akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh dan bukan tidak mungkin organ tubuh akan rusak perlahan. Cara Diet Sehat Dengan Menghitung Kalori Harian, Terbukti Berhasil!

Pola makan diet sehat sebetulnya tetap mengimbangi dengan kalori harian anda dengan mengurangi asupan kalori harian yang masuk namun minimal 70% dari BMR (Basal Metabolic rate) yang artinya untuk proses metabolisme organ tubuh untuk bergerak. lalu, Bagaimana Menghitung Kebutuhan Kalori Harian Anda agar berhasil dalam berdiet?
diet sehat, intermiten fasting, ocd diet, pola makan diet
Diet Sehat
Cara menghitung kalori untuk diet:

 - BMR Pria = 88.362 + (13.397 x berat badan [kg]) + (4.799 x tinggi badan [cm]) – (5.677 x umur)

 - BMR Wanita = 447.593 + (9.247 x berat badan [kg]) + (3.098 x tinggi badan [cm]) – (4.33 x umur)

Setelah anda menghitung BMR, hasilnya dikalikan dengan level aktivitas fisik untuk memperoleh TEE (Total energy expenditure).

 Level Aktivitas Fisik

- Apabila anda Tidak aktif: TEE = BMR x 1.2

- Apabila anda Cukup aktif, berolahraga 1-3 kali/minggu: TEE = BMR x 1.375

- Apabila anda Aktif, berolahraga 3-5 kali/minggu: TEE = BMR x 1.55

- Apabila anda Sangat aktif, berolahraga 6-7 kali/minggu: TEE = BMR x 1.725


Contoh: Seorang pria dengan umur 30 tahun yang memiliki tinggi badan 180 cm, berat badan 74 kg, dan level aktivitasnya fisik sangat aktif, maka kebutuhan kalori hariannya adalah:

BMR = 88.362 + (13.397 x 74) + 4.799 x 180) – (5.677 x 30) = 1773.25 Kcals

TEE = 1773.25 x 1.725 = 3059 kcals

Setelah melalui perhitungan tersebut untuk kalori harian pria tersebut yaitu 3.059 kcals. Apabila pria tersebut ingin menurunkan berat badannya maka cara termudah untuk berdiet yaitu dengan defisit kalori. defisit kalori yaitu asupan kalori harian minimal 70% dari TEE yaitu 2.141 kcals yang perlu ia butuhkan untuk asupan kalori hariannya.

Dengan defisit kalori, maka bukan tidak mungkin berat badan anda akan berkurang seiring waktu berjalan apabila dijalankan dengan konsisten dan diet ini merupakan diet sehat yang tidak menyiksa tubuh anda. Tetapi andapun tetap harus menghitung kalori dari makanan yang anda makan agar asupan kalori harian terkontrol dan tidak menyebabkan surplus. Karena surplus akan berdampak pada penumpukan lemak dalam tubuh.  

Kalori Surplus ialah kalori harian yang masuk kedalam tubuh namun melewati batas BMR. Kalori surplus ini apabila anda konsisten diatas BMR maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak atau cadangan energi. Tentunya ini berdampak pada kenaikan berat badan dan merusak diet anda.

Pola Makan Diet Sehat
Macam-macam diet seperti OCD dan intermiten fastingpun sebetulnya menggunakan metode defisit kalori, namun cara berdietnya berbeda. tetapi ujung-ujungnya tetap kunci sukses dalam berdiet itu adalah menghitung kalori masuk dan keluar. Apabila berdiet tetapi anda masih doyan ngemil/makan melebihi batas kalori harian tanpa berolahraga ya akan sangat percuma. Untuk itu anda harus tetap menjaga pola makan.

Pola makan diet sehat dengan menghitung asupan kalori harian salah satu kunci sukses dalam berdiet. Pola makan yang seperti apa? pola makan tidak ada pantangan tetapi tetap sesuai dengan kebutuhan kalori anda, anda perlu memahami cara berdietnya dan menjaga makro seperti karbohidrat, protein dan lemak harian yang seimbang.

Sebetulnya banyak sekali aplikasi di play store yang sangat berguna dan membantu anda dalam berdiet sehat dengan cara memperhatikan kalori masuk dan keluar. Apabila anda telah memahami, maka berat badan andapun akan tetap ideal dan tetap terjaga. Demikian artikel Cara Diet Sehat Dengan Menghitung Kalori Harian, Terbukti Berhasil! semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu