Apa itu Lipoma? Apakah Berbahaya?

Apa itu lipoma? Lipoma adalah benjolan lunak atau tumor jinak yang terdapat  pada kulit bagian bawah atau pada jaringan lemak. Lipoma biasanya dijumpai di semua kalangan bukan hanya pada orang yang lanjut usia saja, lipoma (tumor lemak) biasanya terletak pada bagian kepala, leher, bahu, badan, ketiak, punggung, pinggul, ataupun pantat. Lipoma ini tidak berbahaya dan jarang sekali menjadi tumor ganas. Bagi sebagian orang, memiliki beberapa lipoma pada bagian tertentu pada tubuhnya serta tidak sedikit yang memiliki  lipoma hanya 1 buah saja.

Gejala Lipoma
Lipoma (tumor lemak) ini biasanya berwarna hitam pada kulit bersifat lunak pada perabaan dan dapat digerakan serta tidak nyeri, tetapi bagi sebagian orang yang letak lipomanya berdekatan dengan jaringan saraf tentunya akan  terasa nyeri dan terasa gatal. Tumor jinak ini biasanya berukuran kecil namun dapat tumbuh hingga mencapai diameter 6 cm bahkan lebih. Untuk mendiagnosis lipoma sebaiknya anda mengunjungi dokter karena agar diketahui secara pasti apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak, biasanya dokter merujuk penderita ke laboraturium untuk mengecek dengan mengambil sampel benjolan atau CT Scan. Hal ini untuk mengetahui seberapa banyak jumlah benjolan lipoma yang terdapat pada si penderita. Namun alangkah baiknya kita mengetahui penyebab dari lipoma atau tumor lemak ini sebagai langkah awal pencegahan agar kita lebih menjaga kesehatan tubuh.

Penyebab Lipoma
Penyebab dari lipoma (tumor lemak) ini sebenarnya belum diketahui secara pasti. Tetapi, anda jangan khawatir karena lipoma bersifat jinak dan jarang menjadi ganas. Namun ada beberapa faktor resiko seseorang dapat terkena lipoma diantaranya yaitu:
  • Gaya hidup tidak sehat seperti seringnya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh
  • Kebiasaan merokok
  • Trauma/cedera
  • Gen atau dari garis keturunan baik itu orang tua ataupun keluarga yang memiliki riwayat penyakit lipoma
  • Orang-orang yang menderita penyakit tertentu seperti sindrom cowden, gardner, dan adiposis dolorosa
  • Kelebihan berat badan (overweight) 
Pencegahan Lipoma
Ada banyak alternatif pengobatan Lipoma si tumor lemak ini diantaranya dengan melakukan sedot lemak bagi anda yang berkelebihan uang, Tetapi saran saya lebih baik mencegahnya daripada mengobati dengan cara:
  • Rajin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Hindari lemak jenuh yang tinggi
  • Berolahraga rutin
  • Rajin minum jus yang mengandung banyak antioksidan seperti kulit manggis
  • Rutin mengkonsumsi bawang putih 1 buah perhari saja cukup
  • Hindari latihan fisik yang dapat mencederai anggota tubuh anda
  • Minum air putih 8 gelas sehari
Pengobatan Lipoma
Pengobatan untuk lipoma (tumor lemak) sebenarnya tidak ada obatnya, karena lipoma ini jarang sekali menjadi ganas namun apabila menganggu sebaiknya dilakukan tindakan dengan sinar laser atau operasi kecil (minor) dengan menyayat kulit diatasnya dengan sayatan sebesar lipoma tersebut. Biasanya, operasi lipoma ini tidak memakan waktu yang lama dan penderitapun tidak dibius total sehingga saat melakukan operasi apabila anda penasaran dengan bentuk benjolan tersebut maka jika anda kuat untuk melihatnya boleh-boleh saja.
lipoma, tumor lemak, tumor jinak
Lipoma (tumor lemak) Jinak
Bagi anda yang takut akan operasi jangan khawatir untuk menghancurkan lipoma ini karena anda dapat melakukannya dengan operasi yang lebih minimal dengan menggunakan gelombang ultrasound tetapi yang perlu diingat jika lipoma tidak terangkat seluruhnya maka sewaktu-waktu akan berkembang kembali di kemudian hari. Harga operasi lipoma (tumor lemak) biasanya cukup terjangkau sekitar 500 ribu- 3 juta tergantung dari seberapa banyak lipoma yang di angkat, saran saya apabila anda mempunyai asuransi kesehatan maka gunakanlah, karena sangat membantu sekali bagi si penderita biasanya hanya membayar biaya obat saja tanpa mengeluarkan uang sedikitpun.

5 Responses to "Apa itu Lipoma? Apakah Berbahaya?"

  1. thanks ya atas informasinya. saya baru tahu bahwa lipoma bisa disembuhkan dengan pola makan sehat dan pola hidup yang sehat.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Saya penderita lipoma diketiak,namun saya blm dan tidak ingin dioperasi jd cuma menjalankan therapy dan mengkonsumsi obat herbal serta mnum rebusan daun mengkudu

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh bagus itu mbak. lanjutkan :)

      Hapus
  4. Sya penderita lipoma di bagian paha atas, bln dpn di suruh operasi.

    BalasHapus

Artikel Terpopuler