-->

Jika Gigi Berlubang dan Infeksi Ini Tandanya

Jika Gigi Berlubang dan Infeksi Ini Tandanya - Bagi anda yang mengalami sakit gigi, berlubang dan telah infeksi, sebaiknya jangan menunda-nunda lagi untuk pergi ke dokter gigi terdekat. Karena apabila gigi sudah infeksi maka tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda, Apalagi bila anda adalah seorang yang sibuk seperti pekerja, guru, dll. Gigi berlubang atau dalam bahasa kedokteran biasa disebut karies disebabkan oleh kuman di dalam mulut yang merusak gigi yang diawali dengan mengikis bagian email pada gigi. Biasanya orang yang kurang memperhatikan kebersihan gigi atau menyukai makanan/minuman manis yang rentan akan karies pada gigi. Jika Gigi Berlubang dan Infeksi Ini Tandanya

Gigi berlubang ini dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat pada penderitanya apabila kuman telah menembus bagian dentin gigi. Rasa sakit pun hingga menjalar ke ubun-ubun. Maka oleh karena itu, sebaiknya jika anda memiliki lubang pada gigi walaupun terbilang kecil sebaiknya anda segera berkunjung ke Dokter gigi terdekat untuk dilakukan tindakan tambal. Karena biasanya apabila gigi berlubang dan belum terasa sakit maka dokter gigi pun dapat menambalnya secara permanen/langsung dengan hanya satu kali datang, Namun Apabila kuman telah merusak bagian dentin atau akar gigi maka proses perawatan pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena penderita harus melewati perawatan saluran akar, biasanya 5 kali pertemuan dengan dokter gigi hingga tambal permanen. Apabila anda tetap menunda, maka tak menutup kemungkinan apabila gigi telah mati dan tidak dapat dilakukan perawatan saluran akar satu-satunya jalan dengan mencabut gigi tersebut.

Jika Gigi Berlubang dan Infeksi Ini Tandanya
Gigi Berlubang
 
Lalu, Apa tanda jika gigi berlubang dan infeksi? berikut kami akan memaparkannya. Sebetulnya ada banyak jenis infeksi pada gigi yang perlu anda ketahui.

1. Sakit Pada Gigi

Sakit gigi ini terjadi disaat pulpa (rongga gigi) telah mengalami peradangan. Infeksi ini ditandai dengan rasa yang sangat sakit sepanjang hari atau rasa sakit yang terkadang muncul atau menghilang secara berulang-ulang. Penyebabnya biasanya ada proses pembusukan dan penyusutan pada gusi, gigi telah retak, dan menumpuknya nanah/abses pada gusi yang diakibatkan oleh bakteri. Gejalanya yang perlu anda ketahui dapat berupa pusing, bengkak di sekitar gigi yang terinfeksi, munculnya bau dari gigi yang telah terinfeksi serta demam.

2. Karies Gigi/Gigi Berlubang

Karies gigi/Gigi berlubang adalah salah satu yang cukup umum pada gigi. Diakibatkan adanya penumpukan plak, akibat bakteri yang hidup di dalam rongga mulut. Gejala khas karies gigi adalah gigi yang sensitif, sakit yang sangat pada gigi, munculnya lubang yang tak kasat mata, sakit saat digunakan untuk makan, timbulnya bercak kehitaman pada gigi. Jika ini dibiarkan, maka suatu saat akan menyebabkan sakit yang berujung pada tanggalnya gigi. Efek gigi berlubang ini yang paling membahayakan adalah infeksi masuk ke dalam aliran darah dan dapat menyerang organ tubuh penting seperti paru-paru dan jantung.

3. Radang pada gusi

Radang pada gusi adalah peradangan yang terjadi disekitar bagian gusi. Sebtulnya menyerupai karies gigi, radang gusi ini penyebabnya oleh penumpukan plak di gigi. Infeksinya akan menyebabkan gusi meradang dan membuat gusi berdarah saat anda sedang menggosok gigi. Meskipun sering teriritasi, pada infeksi tersebut, gigi masih sangat kuat serta tidak ada kerusakan pada tulang penyangga atau jaringan didalamnya. Namun jika anda membiarkannya, maka akan menimbulkan infeksi yang dapat meluas dan memengaruhi gigi, tulang, jaringan disekitarnya yang mengarah pada penyakit gusi atau biasa disebut periodontitis.

4. Infeksi Pada Gusi

Infeksi pada gusi merupakan stadium lanjutan pada penyakit ini. Infeksi ini merupakan infeksi yang cukup serius dan dapat merusak jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi anda. Gejalanya adalah bau pada mulut, ada perubahan pada warna gusi, pembengkakan serta pendarahan. Jika ini dibiarkan, infeksi dapat merusak tulang dan jaringan yang ada pada gusi anda, dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi, menyebabkan tanggalnya gigi, serta yang lebih membahayakan yaitu masuk ke aliran darah serta dapat menyerang organ tubuh penting seperti paru-paru dan jantung.

Pengobatan Gigi Berlubang dan Infeksi

Pengobatan pada gigi berlubang dan infeksi akan disesuaikan dengan yang menjadi dasarnya. Untuk mengidentifikasinya, dokter gigi umumnya akan melakukan diagnosa pada gigi dan menentukan penanganan apa yang tepat. Jika telah terjadi infeksi dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengatasi infeksi, obat untuk meredakan sakit, serta menindaklanjuti penangan seperti penambalan gigi, perawatan saluran akar, ataupun pencabutan gigi jika gigi tidak dapat diselamatkan.

Infeksi pada gigi sebaiknya ditangani secara tuntas hingga benar-benar sudah tidak memerlukan perawatan lanjutan. Tujuannya ialah agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih lanjut. Jika tidak segera ditangani, infeksi gigi dapat menyebar ke gigi yang lainnya. Jadi, jika anda memiliki keluhan pada gigi dan mulut, sebaiknya segera kunjungi dokter gigi terdekat.

Demikian Informasi dari kami mengenai Jika Gigi Berlubang dan Infeksi Ini Tandanya semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu