-->

Apa penyebab kebotakan pada pria dan wanita? kenali penyebabnya!

Kebotakan merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi setiap  orang terutama pria. Kebotakan rata-rata dimulai pada usia 30 keatas,  bahkan 30% dari survey yang ada kebotakan ini dimulai dari usia 20  tahunan. Tentunya, ini merupakan hal yang menakutkan bagi setiap pria  yang mengalaminya di usia muda, rasa percaya diri pun menjadi hilang dan  tidak pede, tetapi anda yang mengalaminya jangan khawatir karena  memang pria lebih dominan terserang kebotakan ini disebabkan produksi  testosteron yang meningkat dan akhirnya dipecah menjadi DHT (  Dyhidrotestosteron) salah satu hormon yang menempel pada folikel rambut  dan prostat. apa penyebab kebotakan? sebenarnya ada beberapa  penyebabnya, dan ada yang dapat disembuhkan dan ada juga yang tidak  dapat disembuhkan.

Kebotakan pada pria memang lebih dominan, tetapi bagi kaum  wanita pun tidak jarang yang terkena kebotakan ini, tetapi biasanya karena  adanya faktor keturunan (gen) dari salah satu keluarganya yang mengalami  kebotakan. Kebotakan biasanya diawali dengan rambut yang mudah patah  dan rontok, letaknyapun biasanya dimulai dari dahi dan semakin mundur,  ada juga yang diawali dari bagian tengah rambut pada beberapa orang.  Cara mudah untuk mengantisipasi kebotakan adalah perhatikanlah rambut  anda yang rontok setiap hari, apabila rontok lebih dari 100 helai maka  anda harus segera mengobati ke dokter dan setelah hasilnya ada maka  dokter akan mendiagnosis penyebab kerontokan tersebut, apabila  berpotensi kebotakan maka segera lakukan pengobatan agar kebotakan  tidak terjadi lebih cepat.  


 
 

Penyebab Kebotakan yang terjadi rata-rata pada pria dan wanita? kenali Penyebabnya! :

1. Faktor Keturunan ( GEN )

Ini adalah salah satu penyebab kebotakan yang umum terjadi pada setiap  orang yang mengalami botak. Ada statement atau penelitian bahwa "jika  bapak dan ibu botak semua anak laki-laki maupun perempuan akan  botak" dan "jika bapak botak dan ibu tidak, salah satu anaknya baik pria  maupun wanita akan mengalami kebotakan" ini memang ada benarnya, ke  dokter adalah tindakan yang terbaik dilakukan.

2. Hormon


Penyebab kebotakan karena hormon yang tidak seimbang seperti  Androgens dan Estrogens yang tidak stabil. Biasanya hormon androgens  yang menyebabkan ini, karena hormon ini apabila terlalu tinggi maka akan  dipecah menjadi DHT dan bersiaplah untuk botak perlahan. Tetapi jangan  khawatir, biasanya dokter memberikan obat yang mengandung Finastride  dan obat oles seperti Minoksidil ini akan memperlambat kebotakan.

3. Efek Operasi


Kadang-kadang setelah melakukan operasi besar rambutpun menjadi  botak dan kurangnya suplai nutrisi ke rambut akhirnya menyebabkan  kebotakan. Tetapi kebotakan ini sifatnya sementara karena rambut akan  tumbuh kembali sesaat beberapa bulan setelah operasi.

4. Jamur


Infeksi jamur pada kulit kepala juga bisa menyebabkan kebotakan. Salah  satu cara yang tepat untuk menyembuhkannya adalah pergi ke dokter dan  setelah diberi obat/salep dan jamur telah menghilang rambutpun akan  tumbuh lebat kembali.

5. Pengaruh bahan kimia


Nah ini juga salah satu penyebab dari kebotakan, contohnya apabila anda sering menggunakan bahan kimia untuk rambut seperti sering rebonding, mencatok, mewarnai maka bersiaplah rambut menjadi rontok bahkan bisa menjadi botak. Salah satu cara yang tepat adalah jangan sering melakukan tindakan tersebut, lebih baik menggunakan bahan-bahan alami.

Itulah penyebab kebotakan pada pria dan wanita, Lebih baik anda menjaga dan merawat mahkota anda sedini mungkin untuk menghindari dari kebotakan ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu