-->

Waspada! Kanker Paru-Paru Mengintai Generasi Muda

Berbicara tentang kanker paru-paru tentunya sangatlah menyeramkan. Kanker paru-paru adalah penyakit yang ditandai oleh adanya sel yang tumbuh dan menyebar secara tidak wajar di organ paru-paru hal ini dapat menyebabkan penyebaran sel ke luar organ paru-paru apabila tidak diobati. Nah, Seiring perokok semakin bertambah dan di Indonesia sendiri tercatat 40% masyarakatnya sudah mulai merokok dari usia muda. Diantara 40% tersebut yang disayangkan adalah generasi muda, padahal pada bungkus rokok sudah tercantumkan bahaya rokok yang dapat menyebabkan penyakit yang mematikan. Memang dampak dari rokok tidak terasa, tetapi di suatu hari apabila perokok tersebut aktif akan memicu penyakit mematikan seperti salah satunya kanker paru-paru ini. Kabar buruknya, beberapa penelitian mengemukakan bahwa perokok pasif pun dapat terkena dampaknya bahkan secara prosentase tingkatnya lebih tinggi dibandingkan dengan perokok aktif.

Sangat disayangkan kini generasi muda sudah mencoba merokok yang tentu sangat tidak ada manfaatnya. Yang perlu anda ketahui kanker paru-paru ini pemicu terbesarnya disebabkan oleh rokok, tapi bukan berarti orang yang tidak merokok tidak bisa memiliki penyakit ini karena dari pola makan dan gaya hidup tidak sehatpun dapat menyebabkan kanker paru-paru. Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat vital dan perlu dijaga kesehatannya karena organ satu ini fungsinya untuk bernafas yaitu dengan menarik oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Namun apa jadinya jika paru-paru mengalami penurunan fungsi dikarenakan terdapat kanker di organ ini? tentu ini akan sangat menggangu proses pernafasan yang berujung penyerapan oksigen ke dalam darah pun tidak akan efektif sehingga dapat merusak organ vital tersebut dan organ lainnya. Untuk itu, anda harus tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan paru-paru.

Kanker Paru-paru, Kanker Paru-paru stadium
Kanker Paru-paru
Gejala awal kanker paru-paru
Untuk tetap waspada anda perlu mengetahui gejala awal kanker paru-paru. Gejala awal biasanya tidak begitu tampak oleh si penderita tapi yang paling umum gejala awal kanker paru-paru ini adalah sebagai berikut:

  • Sesak nafas
  • Sakit dada
  • Bronkitis dan pneumonia yang terjadi terus-menerus
  • Penurunan bobot tubuh secara drastis
  • Hilangnya nafsu makan
  • Nafas cepat
  • Batuk yang tidak hilang-hilang
  • Batuk disertai darah segar

Dari beberapa gejala tersebut adalah gejala awal kanker paru-paru yang umum terjadi. Apabila anda menemui beberapa gejala tersebut lebih baik segera datangi dokter untuk pendiagnosaan lebih lanjut.

Penyebab kanker paru-paru
Agar anda terhindar dari penyakit ini lebih baik anda menjauhi hal yang dapat menyebabkan kanker paru-paru dengan mengetahui beberapa penyebabnya yaitu:
  • Perokok aktif dan pasif
  • Polusi udara seperti asap kendaraan bermotor dan asap dari pabrik
  • Paparan zat karsinogenik di tempat kerja (batu-bara, nikel, silika, asbes, dan arsenik)
  • Genetik atau turunan
Dari beberapa penyebab tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa di sekitar kita masih banyak pemicu yang dapat menyebabkan kanker paru-paru. Tetapi anda jangan khawatir lebih baik dengan melakukan pencegahan sejak dini agar terhindar dari penyakit ini.
 
Pencegahan kanker paru-paru
Seperti kata pepatah lebih baik mencegah dibandingkan mengobati memang sangat benar sekali adanyaa. Karena tindakan mencegah merupakan awal dari perlindungan kesehatan tubuh untuk menjauhi segala penyebabnya yang dapat memicu penyakit termasuk kanker paru-paru. Untuk itu sebaiknya mencegah dengan cara berikut ini:
  • Rutin mengkonsumsi makanan yang sehat kaya akan antioksidan seperti sayuran dan buah-buahan
  • Rutin berolahraga
  • Menjauhi rokok
  • Apabila ada orang yang sedang merokok di pinggir anda sebaiknya menjauhi
  • Menggunakan masker saat menggunakan sepeda motor
Pencegahan penyakit kanker paru-paru sangat berharga bagi kelangsungan hidup kita, salah satunya dengan teknik pencegahan seperti diatas yang mungkin sangat berguna bagi anda dan kita semua. Demikian yang dapat kami sampaikan, alangkah baiknya kita semua mencegah terjadinya kanker paru-paru dengan menanamkan pada diri kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar senantiasa selalu sehat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu