-->

Tips Diet Sehat dan Cara Menurunkan/Menguruskan Berat Badan dengan Cepat

Apakah anda sedang menurunkan berat badan dengan berbagai cara diet? Berbagai cara diet memang banyak sekali macamnya, namun yang patut anda waspadai diet yang tidak sehat yang malah akan berdampak buruk pada kondisi tubuh atau bahkan malah menyebabkan bertambahnya berat badan. Diet yang tidak sehat itu diantaranya tidak diimbangi dengan berolahraga, tidak makan seharian atau makan hanya sekali dan itu tanpa asupan gizi yang seimbang seperti asupan karbohidrat, protein yang kurang. Cara diet tersebut tentu akan membuat tubuh menjadi lemas, memicu maag, dan daya tahan tubuh menurun sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit timbul. Jadi bagaimanakah diet yang sehat itu?


diet sehat, cara menurunkan berat badan
Diet Sehat
  
Diet Sehat
Diet sehat ini banyak sekali keuntungannya diantaranya tubuh menjadi langsing, ideal, dan badan pun terlihat lebih segar sehingga dengan diet sehat metabolisme pun akan berjalan lebih baik tetapi diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Diet sehat ada beberapa langkah yang diantaranya :

- Aktif bergerak dan berolahraga

Lakukan suatu hal yang Anda sukai agar aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan konsistensi seperti bermain basket, badminton, futsal, fitnes, dan bersepeda bersama kerabat ataupun keluarga. Dengan menjadwalkan kegiatan tersebut dengan konsisten setiap ada waktu luang 1 minggu minimal 3 kali dalam 1-2 jam saja. Bukan hanya itu, aktif bergerak di rumah pun dapat membakar kalori salah satunya dengan bersih-bersih rumah seperti mengepel dan menyapu. Tetapi jika anda merasakan malas, lawanlah rasa malas itu karena jika terjadwal kegiatan tersebut akan menjadi terbiasa sehingga seiring waktu tubuh yang ideal akan anda miliki.

- Menentukan target

Target-target kecil dan sederhana bernilai penting sebagai langkah menuju perubahan gaya hidup secara berkelanjutan. Selain itu, menetapkan target realistis secara rutin dan berhasil memenuhinya akan membuat Anda merasa positif. Misalnya, jika Anda suka mengkonsumsi gorengan setiap hari di tempat kerja ataupun pinggir jalan, sugestikan diri anda untuk tidak mengkonsumsinya dalam waktu seminggu. Sebagai gantinya, konsumsilah buah-buahan seperti apel, jeruk, pepaya karena buah-buahan tersebut mengandung serat yang baik dan terutama melancarkan pencernaan anda.

- Kurangi junk food

Mengurangi konsumsi makanan siap saji, dan makanan yang digoreng. Kelompok makanan jenis ini banyak mengandung kalori, lemak jenuh, bahan pengawet, dan garam sehingga malah menambah berat badan anda.

- Memilih makanan yang di rebus atau bakar.

Lebih baik mengonsumsi makanan yang diproses dengan cara direbus atau dibakar dibandingkan yang digoreng di dalam minyak panas. Makanan yang direbus atau dibakar memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan makanan yang digoreng. Sementara itu, makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi karena minyak menyatu disana.

- Mengubah nasi putih menjadi nasi merah

Nasi putih memang terasa lebih enak, tetapi yang dikhawatirkan disini nasi tersebut mengandung gula dan kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan nasi merah. Memang rasa nasi putih itu lebih enak dibandingkan nasi merah tetapi kandungan gizi dari nasi putih lebih rendah dibandingkan nasi merah yang banyak mengandung serat yang tinggi. Sehingga tak heran apabila berat badan anda turun karena rutin mengkonsumsi nasi merah karena selain sehat akan mempercepat menurunkan berat badan.

- Memulai dan melanjutkan kebiasaan-kebiasaan baik.

Kebiasaan-kebiasaan sederhana berikut dapat membawa manfaat besar jika dilakukan secara konsisten dan dalam jangka panjang:
  •     Mengonsumsi air mineral dengan cukup dan teratur.
  •     Jangan melewatkan makanan utama.
  •     Perbanyak konsumsi sayur agar Anda merasa kenyang lebih lama.
  •     Hindari membeli atau menyimpan makanan ringan berkalori tinggi di rumah.
  •     Disiplinkan waktu olahraga Anda.
  •     Makanlah dengan tenang sambil duduk di meja makan dan bukan sambil bekerja. 

Beberapa tips diet sehat diatas dapat anda coba, karena dengan berdiet sehat tubuh pun akan terlihat lebih segar tanpa terlihat lemas. Tetapi kuncinya adalah dengan mengubah pola dan gaya hidup anda menjadi lebih baik dan positif sehingga hasilnya pun akan positif. Oh iya, ada satu lagi tips dari saya agar cepat menurunkan berat badan/menguruskan badan. Tips ini saya dapat kan dari media kesehatan, berdasarkan pengalaman saya dan teman saya dan itu memang terbukti yaitu dengan jeruk nipis/lemon. Apakah anda ingin tahu cara cepat menurunkan berat badan/menguruskan dengan jeruk nipis/lemon? 

Menguruskan badan dengan jeruk nipis memang benar-benar ampuh apabila ini diimbangi dengan rutin berolahraga, makan yang sehat dan sering namun dengan porsi yang sedikit. Berdasarkan pengalaman saya setelah rutin berdiet dengan rajin mengkonsumsi jeruk nipis/lemon tubuh menjadi lebih ringan, segar dan bobot saya pun terpangkas hampir 10 kg dalam waktu 6 bulan, dulu berat badan saya 80 Kg kini 70 Kg dan ideal dengan tinggi 180 Cm. Tetapi anda jangan terlalu over mengkonsumsi nya cukup sehari sekali ataupun 2 kali di pagi hari dan sore hari karena apabila berlebihan memang tidak baik apalagi dengan makan yang tidak teratur dan gizi yang tidak seimbang karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Ini dia tips diet sehat dan menurunkan berat badan dengan cepat dari saya (berdasarkan pengalaman) :

  1. Rajin berolahraga (saya dulu fitnes, futsal)
  2. Rutin mengkonsumsi jeruk nipis/lemon di pagi hari sebelum makan  dan sore hari sebelum makan berat ataupun fitnes
  3. Makan 5 kali sehari dengan porsi sedikit
  4. Mengubah nasi putih menjadi nasi merah
  5. Menyediakan satu hari dalam seminggu untuk makan bebas (agar tidak penasaran)
  6. Berhenti makan sebelum kenyang
  7. Mengunyah makan hingga benar-benar lumat 
  8. Kurangi konsumsi goreng-gorengan
  9. Berkomitmen pada diri sendiri 
  10. Makan malam sebelum jam 7
  11. Tidur yang cukup usahakan jangan tidur terlalu malam karena akan memperburuk metabolisme
  12. Hindari merokok
  13. Berdoa
Hasil yang saya dapatkan setelah konsisten diet dan menurunkan berat badan :
  1. Badan menjadi lebih segar
  2. Tidak mudah jatuh sakit
  3. Berfikir positif
  4. Rasa malas menghilang
  5. Bobot tubuh ideal
  6. Percaya diri meningkat
Demikian tips menurunkan/menguruskan berat badan dari saya, selebihnya anda yang menentukan untuk berdiet sehat mendapatkan hasil yang positif atau diet yang tidak sehat malah berdampak buruk bagi kesehatan. Yang lebih PENTING yaitu kesehatan berawal dari pola dan gaya hidup kita sehari-hari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu