-->

Ini dia Gejala dan Penyebab Asam Urat Serta Pengobatannya!

Apakah Anda pernah merasakan sakit yang sangat pada bagian tertentu pada tubuh terutama sendi jempol kaki dan disertai dengan bengkak kemerahan?Jika pernah mungkin anda perlu segera datang ke dokter karena dikhawatirkan merupakan awal dari gejala asam urat. Penyakit asam urat ini merupakan sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di sekitar sendi. Penyakit asam urat hanyalah salah satu dari dua ratus lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda.
asam urat, gejala asam urat, penyebab asam urat, pengobatan asam urat
Penyakit Asam Urat

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat biasanya berupa rasa sakit yang muncul secara tiba-tiba tanpa diundang yang akan berlangsung selama 3 hingga sampai 10 hari asam urat menyerang, dengan puncak rasa sakitnya yang akan dirasakan dalam 6 atau 24 jam pertama serangan asam urat tersebut dimulai. Setelah gejala timbul pada 3 hingga 10 hari biasanya rasa sakit pada sendi tersebut akan menghilang seketika tetapi apabila diimbangi dengan pola makan yang sehat dengan salah satunya menjauhi makanan yang menjadi pemicu asam urat dan sendi andapun akan tampak seperti semula tanpa mengalami peradangan. Kendati terlihat sembuh, namun radang sendi ini umumnya bisa kambuh apabila pola makan dan gaya hidup anda tetap tidak seimbang. Lalu apa sih penyebab asam urat?

Penyebab Asam Urat


Penyebab asam urat adalah tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Setiap harinya, asam ini sebenarnya dibuang dari tubuh kita melalui ginjal. Tetapi, Jika asam urat yang dibuang dari tubuh hanya sedikit maka yang terjadi kadar asam urat dalam darah akan meningkat dan menumpuk, Secara tidak langsung Asam urat akan langsung disimpan oleh tubuh di sekitar sendi dalam bentuk kristal-kristal tajam natrium urat sehingga apabila kadarnya tinggi maka sendi-sendi di tubuh anda akan terasa sakit bahkan tak mampu untuk berdiri dan berjalan. Pembentukan dan penumpukan kristal-kristal tersebut bisa berlangsung selama bertahun-tahun tanpa kita sadari.

Beberapa kristal yang bertumpuk akan keluar dari tulang rawan dan membuat lapisan lembut pada sendi yang disebut  sinovium mengalami radang yang terasa menyakitkan. Ketika ini terjadi, itu berarti penderita sedang mengalami serangan asam urat.

Pada akhirnya, kristal yang tertumpuk akan membentuk gumpalan keras yang disebut tofi. Tofi ini bisa menyebabkan kerusakan pada tulang rawan sendi dan tulang di sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, bisa mengarah pada kerusakan sendi permanen dan jika sudah seperti ini, sendi akan terasa kaku dan sakit ketika digerakkan.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat, diantaranya adalah:
  1. Umur dan jenis kelamin. Penyakit asam urat cenderung dialami mereka yang berusia lebih tua dan kaum pria.
  2. Kelebihan berat badan atau obesitas. 
  3. Memiliki hipertensi atau diabetes.
  4. Memiliki masalah pada ginjal yang dapat mengganggu pembuangan asam urat.
  5. Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini.
  6. Sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti otak, hati, ginjal, kaldu, jantung, ikan makarel, ikan sarden, dan kerang-kerangan.
  7. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras seperti alkohol atau bir.

Pengobatan Asam Urat

Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali terutama mengurangi makanan yang menjadi pemicu, rajin berolahraga, dan menjaga berat badan.

Pengobatan asam urat yang sangat terbukti ampuh dan dapat ditemukan dimana-mana yaitu dengan menggunakan daun binahong (dapat anda searching bentuk daun nya di google ya) karena manfaat binahong untuk asam urat yaitu dapat menghancurkan kristal asam urat pada tubuh dan membuat anda kembali sehat. Cara nya sangat mudah yaitu ambil beberapa helai daun binahong segar lalu anda bersihkan hingga benar-benar bersih setelah itu anda rebus hingga airnya berwarna hijau lalu tiriskan, setelah dingin baru anda minum air daun binahong tersebut (bukan memakan daunnya). Rasakan 3-4 hari mendatang tubuh akan kembali segar seketika, karena ini berdasarkan pengalaman ibu saya yang hingga saat ini asam urat nya tidak pernah kambuh lagi. Semoga lekas sembuh dan tetap jaga kesehatan :) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu