-->

Ini Dia Ciri-Ciri awal Gejala Penyakit Jantung!

Jantung adalah organ vital yang berguna untuk memompa darah dan di  alirkan ke seluruh tubuh. Apabila kerja jantung tidak sempurna maka  kerusakan pada jantungpun akan terjadi dan menyebabkan kematian  apabila tidak ditangani dengan cepat. Gangguan pada jantung merupakan  penyakit pembunuh no.1 yang biasanya dikarenakan gaya hidup yang buruk. Contohnya, Merokok, Makanan berkolesterol tinggi, Makanan  berlemak jenuh, dan olahraga terlalu berat. Apabila kita mengawali gaya  hidup buruk tersebut maka secara lambat laun fungsi jantungpun akan  melemah karena adanya penyumbatan pada jantung yang mengakibatkan  aliran darah ke jantungpun akan terhambat karena ada yang menghalangi  dinding pembuluh darah pada jantung yaitu tumpukan kolesterol jahat,  nikotin, ataupun lemak jenuh.


penyakit jantung, ciri dan gejala penyakit jantung



Jadi apa gejala awal yang patut diwaspadai dari penyakit jantung ini?

1. Tekanan pada dada bagian kiri
Adanya tekanan yang sangat nyeri pada dada bagian kiri yang kemudian  menyebar ke lengan, punggung, dan rahang. Tetapi bagi sebagian orang  tekanan pada jantung ini tidak menimbulkan efek seperti nyeri. Tetapi,  nyeri tersebut bisa ditimbulkan di bagian perut yang orang biasanya menyangka adalah penyakit maag. Oleh karena itu apabila terjadi seperti  kasus tersebut maka perlu cepat ditangani ke dokter untuk melakukan tes  EKG untuk membuktikan apakah yang anda derita penyakit jantung ataukah hanya maag.

2. Sesak nafas

Sesak nafas pada penderita penyakit jantung ini diakibatkan karena adanya penebalan darah yang menghambat jalur pembuluh darah keseluruh  tubuh, dan ini juga mengakibatkan denyut jantung tidak teratur. Sesak  nafasnya seperti seolah-olah tercekik.

3. Denyut jantung tidak teratur

Ini yang patut diwaspadai karena bersifat fatal, Denyut jantung tidak teratur  umumnya terjadi akibat adanya penebalan otot pada katup jantung  sehingga dapat menyebabkan kebocoran pada jantung.    

4. Berkeringat dingin dimalam hari

Berkeringat pada saat berolahraga adalah hal yang wajar, tetapi apabila  berkeringat pada saat diam ataupun tidur merupakan hal yang tidak wajar,  dan mungkin jantung anda mempunyai masalah.

5. Sakit kepala/pusing

Mereka yang memiliki masalah pada jantung akan merasakan Sakit  kepal/pusing yang sangat hebat. Ini dikarenakan karena sirkulasi darah  yang tidak wajar dan adanya masalah pada jantung sehingga saat  memompa darah ke otakpun tidak lancar dan mengakibatkan sakit  kepala/pusing.

6. Sering pingsan

Ini dikarenakan karena aliran darah ke jantung tidak lancar atau gangguan  pada irama jantung, namun bisa kembali sadar.

Demikian sedikit yang saya share tentang ciri-ciri awal gejala penyakit jantung yang menjadi penyakit pembunuh nomor 1 di dunia. Untuk itu  jagalah kesehatan sedini mungkin dengan gaya hidup sehat, apabila anda mengalami gejala seperti di atas maka lebih cepat lebih baik di tangani ke  tenaga medis. semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu