-->

WASPADALAH !!! SEBELUM TERLAMBAT HINDARI SEKARANG JUGA MENGGUNAKAN SENDOK MAKAN ATAU SENDOK TEH SEBAGAI TAKARAN OBAT SIRUP BISA MENYEBABKAN OVERDOSIS !! LIHAT PENJELASANNYA DIBAWAH INI



Pemberian o b a t untuk pasien saat ini makin tambah baik karenanya ada penambahan info yang di berikan oleh apoteker pada beberapa pasien. Bila biasanya pasien hanya diberitahukan berapakah d o s i s o b a t yang butuh diminum setiap harinya, sekarang ini banyak sebagian apoteker yang berikan informasi tentang type dan manfaat o b a t yang sudah diresepkan oleh dokter. Bahkan juga di beberapa tempat tinggal sakit telah mencantumkan informasi saat untuk konsumsi o b a t. 

Tetapi sisi terutama tetaplah d o s i s o b a t. Bila berupa kapsul atau pil tentunya lebih mudah, karena ukuran per butir yang dipakai. Tidak sama dengan o b a t berupa sirup, umumnya akan diikutkan sendok atau wadah penakar dengan taraf milimeter. Tetapi terkadang ada banyak o b a t yg tak memasukkan sendok takar di 
 
dalamnya. Lepas dari ada atau tidaknya penakar dalam o b a t sirup, jadi orang-orang mempunyai kecenderungan memakai sendok yang umum dipakai di rumah, baik sendok makan maupun sendok teh. Walau sebenarnya bentuk ukuran sendok yang tidak sama akan membuahkan ukuran yang tidak sama saja. Dampaknya dapat berlangsung over d o s i s o b a t atau malah kurang d o s i s o b a t. 

Dalam penelitian yang ditangani oleh Brian Wansink dari Cornell University, United States dan Koert Van Ittersum dari University of Groningen, Netherlands, dengan sampel sebagian 177 orang dewasa diketahui semakin lebih 8 persen berjalan kesalahan d o s i s menggunakan ukuran sendok teh, serta nyaris 12 persen diketahui kesalahan menggunakan ukuran sendok makan. 

Tipe o b a t cair yang banyak digunakan berupa cair satu diantaranya o b a t batuk dan o b a t flu. Bila d o s i s yang digunakan terlalu berlebih, serta digunakan dalam periode panjang jadi dapat memiliki resiko dengan resikonya dari o b a t itu. Terlebih o b a t tipe ini banyak diberikan pada anak-anak. Kemungkinan resikonya yang didapat biasanya terdaftar pada label paket o b a t itu. 

Dengan hal itu makin tambah baik apabila menggunakan wadah atau sendok penakar yang telah ada pada paket o b a t itu. Apabila tidak ada, gunakan sendok penakar milimeter yang umum dipakai sebagai penakar bahan memasak. 

DOKTER SEHAT

Artikel Ini Dilansir Dari :http://www.artikelkesehatan9.com/ Semoga Dengan Hadir Artikel Ini Bisa Menambah Wawasan Anda

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu