-->

30 Penyakit Ganas Maupun Ringan Bisa Di Tuntaskan Sama Asam Jawa,! Berikut Cara Dan Penyakit Yang Bisa DiSembuhkan.


Asam jawa adalah bumbu masak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kecantikan serta penyembuhan tradisional. Manfaat asam jawa sebagai tanaman herbal telah di kenal mulai sejak lama. Orangtua kita dahulu sering memakai buahnya untuk menyembuhkan sariawan, luka, eksim serta menangani gigitan serangga. Sesaat daunnya dipakai untuk mengobati demam. 

Di Indonesia, biji buah asam jawa dipakai sebagai bumbu masak untuk memproses makanan yang memelukan sensasi asam seperti sayur asem. Serta jadi bahan paling utama satu diantara minuman kesehatan tradisional, kunyit asam. 

Asam jawa mempunyai nama latin Tamarindus indica serta termasuk juga dalam keluarga Fabaceae. Pohon itu datang dari Afrika, di Indonesia umumnya ditanam sebagai pohon perindang di pinggir jalan. Tingginya dapat meraih 25 meter. Itu adalah hanya satu tumbuhan yang namanya pohonnya sama juga dengan rasa buahnya. 

Daging buah asam berwarna putih, serta beralih jadi kecokelatan waktu telah masak. Agar dagig buah asam itu terus tahan lama, umumnya di proses lagi serta warnanya beralih jadi kehitaman. Sering dikatakan sebagai asam kawak. 

Daging buahnya itu memiliki kandungan bermacam-macam zat asam, salah satunya asam tatrat, malat, sitrat, suksinat, serta asetat. Zat asam itu bermanfaat sebagai pencahar, untuk memperlancar buang air besar serta peredaran darah. Sesaat kandungan flavonoid yang ada pada daunnya jadikan daun asam jawa itu sebagai antiradang serta menyingkirkan rasa sakit. 

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan 

Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, asam jawa digunakan sebagai bahan obat herbal untuk menangani beragam penyakit. Sisi yang dipakai yaitu buah serta daunnya. Di bawah ini yaitu ramuan tradisional asam jawa untuk yang dipakai sebagai obat tradisional. 

1. Menyembuhkan eksim 

Eksim sering juga dimaksud eksema atau dermatitis. Penyakit itu menyerang jaringan kulit hingga kulit melepuh serta keluarkan nanah. Umumnya menyerang anak-anak yang kurang memperdulikan kesehatan. Asam jawa dapat menolong Anda mengatasinya. 

Ambillah segenggam asam jawa, umbi temulawak serta gula aren seperlunya. Seluruhnya bahan ditumbuk lalu di rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu minum. Kerjakan penyembuhan itu dua hari sekali. 

Untuk penyembuhan luar, sediakan 1 genggam daun asam jawa yang masih tetap muda serta rimpang kunyit sebesar ibu jari. Ke-2 bahan itu ditumbuk sampai halus, lalu ditempelkan atau dioleskan pada kulit yang sakit. 

2. Menyembuhkan disentri 

Disentri datang dari bhs yunani yang bermakna masalah usus. Gejalanya berbentuk perut mulas, buang sir besar serta kadang-kadang dibarengi darah serta lendir. Penyebabnya yaitu bakteri serta amoeba. Dapat diobati dengan ramuan tradisional asam jawa. 

Caranya, haluskan 5 gram asam kawak, 10 gram kunyit serta 10 gram temulawak. Berikan secangkir air panas lalu aduk sampai tercampur. Saring dana mbil airnya, lalu berikan 1 sendok makan madu murni. Aduk sampai rata lalu diminum sekalian saat pagi hari. 

3. Obat penyakit difteri 

Difteri yaitu penyakit saluran pernafasan yang dikarenakan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Gejalanya berbentuk sakit tenggorokan, demam, susah bernapas serta menelan, keluarkan lendir dari mulut serta hidung, serta sangatlah lemah. Di saat lalu, penyakit itu pernah merenggut beberapa ribu nyawa. Bersamaan dengan perkembangan tehnologi serta pengetahuan medis penyakit itu telah diketemukan obatnya. Dapat pula diatasi dengan ramuan tradisional asam jawa. 

Caranya, siapkan 5 gram lobak, 5 gram bawang merah, 5 gram kencur, serta 10 gr daun pepaya muda. Seluruhnya bahan ditumbuk atau diblender sampai halus. Berikan asam jawa, selanjutnya seduh dengan satu gelas air panas. Ramuan itu dipakai untuk berkumur sampai ke tenggorokan. Kerjakan 3 kali sehari. 

4. Menangani darah rendah 

Desakan darah rendah yaitu kondisi demikian sebaliknya dari hipertensi, juga dikenal dengan arti hipotensi. Kondisi itu tidak sama dengan anemia (kurang darah). Untuk mengatasinya, pakai ramuan tradisional asam jawa di bawah ini. 

Bahanya yaitu 5 gram asam jawa, 250 gram daun bayam, 10 gram gula aren, 50 gram bawang merah, 15 gram cabai rawit, serta garam dapur seperlunya. 

Caranya, daun bayam di rebus 1/2 masak untuk jadikan lalapan. Seluruhnya bahan yang lain ditumbuk halus serta di buat sambal. Dikonsumsi sebagai makan siang dengan nasi beras merah. Kerjakan setiap hari. Enak bukan? 

5. Menyembuhkan ambeien 

Beberapa orang terasa malu saat terserang penyakit ambeien atau wasir itu. Serta baru melakukan penyembuhan saat keadaannya telah kronis. Sesungguhnya, wasir dapat diobati oleh ramuan tradisional asam jawa di bawah ini.  

Sediakan 1 gram asam jawa, 6 gram daun keji beling, 3 gram temulawak serta 6 gram meniran. Sesudah dibikin bersih, seluruhnya bahan di rebus dengan 1 liter air sampai tersisa setengahnya. Sesudah dingin, saring airnya serta diminum 3 kali sehari, dengan cara teratur. 

6. Menangani demam sesudah nifas 

Nifas yaitu darah yang keluar dari rahim sesudah melahirkan, terdapat banyak wanita yang alami demam. Untuk mengatasinya dapat dengan memakai ramuan tradisional di bawah ini. 

Siapkan satu jari asam kawak (asam yang telah di proses, berwarna hitam) serta gula aren seperlunya. Lalu asam serta gula aren diseduh dengan satu gelas air panas. Sesudah agak hangat, airnya diminum sekalian. Kerjakan penyembuhan itu 2 x sehari. 

7. Menurunkan demam bayi 

Bila bayi alami demam, janganlah cemas. Serta janganlah segera mmberikan obat yang memiliki kandungan antibiotik karena akan memberi efek tidak baik pada system kekebalan badannya. Buat ramuan tradisional untuk menangani demam bayi di bawah ini. 

Ambillah asam kawak serta kunyit semasing sebesar ibu jari, 5 lembar daun melati muda, serta dua tangkai daun bawang. Seluruhnya bahan ditumbuk sampai halus. Tempelkan pada ubun-ubun bayi, biarlah sampai kering. Itu adalah resep turun temurun dari nenek moyang yang telah dapat dibuktikan khasiatnya. 

8. Menurunkan kolesterol 

Pasien cholesterol mesti betul-betul melindungi lifestyle serta pola makan. Banyak pantangannya. Nah, ramuan tradisional di bawah ini bisa menolong Anda menujrunkan kandungan cholesterol dalam darah. 

Ambillah 200 gram daun asam jawa, lalu ditumbuk sampai halus. Berikan 200 ml atau satu gelas air panas. Saring airnya serta diminum sekalian. Kerjakan penyembuhan itu 3 kali sehari. 

9. Menyembuhkan nyeri h a i d 

Langkah pertama : Ambillah 1 genggam daun asam jawa yang masih tetap muda serta 2 jari rimpang kunyit. Keduanya ditumbuk sampai halus lalu berikan 1/2 gelas air masak. Saring serta minum airnya. 

Cara ke-2 : Siapkan 1/2 jari asam kawak, 10 potong temulawak, serta gula aren seperlunya. Rebus seluruhnya bahan itu dengan 1 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring airnya serta minum sekalian. Kerjakan sepanjang 1 minggu saat sebelum saat h a i d.

10. Menyembuhkan sariawan 

Walau bukanlah penyakit beresiko yang mengakibatkan kematian, tetapi sariawan yaitu penyakit yang sangatlah menyiksa. Tidak ada makanan enak saat tengah alami sariawan. Ramuan tradisional di bawah ini bisa menolong Anda menangani sariawan. 

Langkahnya, satu genggam daun asam jawa muda dicuci bersih serta 5 cm rimpang kunyit iris bebrapa tidak tebal. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Dapat berikan gula aren waktu merebus agar terasa lebih enak. Minum ramuan itu tiap-tiap pagi serta sore semasing satu gelas. 

11. Menyembuhkan bisul 

Anda mempunyai bisul? Tentu sangatlah tersiksa, terlebih bila letak di pantat. Buat ngga dapat duduk. Namun ramuan di bawah ini akan menolong Anda mengobatinya. 

Ambillah 5 gram asam kawak, 10 gram daun bayam duri, 10 gram daun kangkung serta garam seperlunya. Daun kangkung serta bayam duri ditumbuk sampai halus, berikan asam kawak serta garam seperlunya. Tempelkan ramuan itu pada bisul hingga seluruhnya permukaannya tertutupi. 

Bila telah kering, dapat ditukar dengan ramuan baru. Dengan cara ini bisul akan cepat masak serta pecah, hingga sistem pengobatannya lebih cepat. 

12. Menyembuhkan asma 

Untuk menyembuhkan asma, caranya cukup gampang. Sediakan 2 potong kulit pohon asam jawa serta adas pulowaras seperlunya. Rebus ke-2 bahan itu dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring airnya serta minum sekalian. Kerjakan penyembuhan itu setiap hari. 

13. Obat batuk kering 

Batuk kering umumnya dibarengi dengan rasa gatal serta perih di tenggorokan. Kita dapat mengobatinya dengan ramuan tradisional di bawah ini. 

Sediakan 3 buah polong asam jawa serta satu genggam daun saga. Buah asam jawa serta daun saga di rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa tersisa 2 gelas. Saring airnya serta minum 2 kali sehari, setiap pagi serta sore. Kerjakan penyembuhan itu dengan cara teratur. 

Langkah ke-2, sediakan 2 gelas daun asam jawa, 2 gelas daun saga, serta 5cm kayu manis cina. Seluruhnya bahan dicuci bersih lalu di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa dua gelas. Saring airnya serta diminum pada siang hari. Kerjakan dengan cara teratur. 

14. Obat sakit perut 

Sakit dikarenakan oleh banyak hal. Dapat disentri, konsumsi makanan terlalu pedas atau asam serta lain sebagainya. Bila Anda merasakannya, coba ramuan tradisional warisan nenek moyang yang satu itu. 

Ambillah 3 buah polong asam jawa yang telah masak, kapur sirih serta minyak kayu putih seperlunya. Asam jawa serta kapur sirih ditumbuk sampai halus, lantas ditambahkan minyak kayu putih serta aduk sampai rata. Ramuan itu dioleskan pada perut yang sakit. 

15. Menyembuhkan keputihan 

Keputihan adalah penyakit yang umum menyerang daerah kewanitaan. Kadang-kadang keputihan dibarengi dengan rasa gatal serta berbau tidak enak. Keputihan yang seperti itu sangatlah mengganggu serta mesti selekasnya diatasi. Di bawah ini ramuan herbal warisan nenek moyang untuk menangani keputihan. 

Sediakan asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, 5 cm rimpang kunyit (dicuci, dikupas), serta gula aren seperlunya. Haluskan daun beluntas serta kunyit, lalu seduh dengan 1/2 gelas air panas. Berikan asam serta gula aren, aduk rata. Saring airnya, lalu diminum setiap saat hendak tidur malam. Kerjakan setiap hari. 

16. Menyembuhkan gatal alergi serta biduran 

Penyakit biduran juga dikenal dengan arti kaligata, hives, atau urtikaria. Kulit yang diserang umumnya merasa gatal, kemerahan dan nampak sebagian benjolan yang dapat menebar dari satu titik ke titik yang lain. Penyebabnya dapat lantaran alergi atau disengat serangga, bulu ulat gatal dapat juga mengakibatkan keadaan itu. bila anda merasakannya, obati dengan ramuan berikut ini. 

Siapkan bahan-bahannya berupaka 3 buah asam jawa, 1/4 sendok makan kapur sirih, serta garam seperlunya. Seluruhnya bahan di rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa cuma 1 gelas saja. Sesudah dingin airnya disaring serta diminum 2 x sehari setiap pagi serta sore. 

17. Menyembuhkan sakit panas 

Anak-anak umumnya sangatlah riskan terserang sakit panas. Tudak butuh khawatur bila hal itu berlangsung. Siapkan saja 2 polong asam jawa serta garam seperlunya. Seduh ke-2 bahan itu dengan satu gelas air panas, lalu disaring. Airnya diminum sekalian pada saat masih tetap hangat. Wanita hamil dilarang minum ramuan itu! 

18. Obat luka baru 

Bila anda terluka baik ini karena terserang senjata tajam ataupun terjatuh, obati dengan daun asam jawa untuk hentikan pendarahan sekalian mempercepat pengeringan luka. Caranya, ambillah daun asam jawa seperlunya lalu dikunyah serta ditempelkan pada luka. 

19. Menyembuhkan rematik 

Rematik atau pegal linu umumnya menyerang daerah pinngang. Sering terkena oleh mereka yang berumur lanjut atau beberapa pekerja keras. Untuk mengatasinya, siapkan 1 genggam daun asam jawa, serta 2-3 biji asam jawa. Ke-2 bahan itu dihaluskan lalu ditempelkan di bagian pinggang yang sakit sembari diijit-pijit.

20. Menyembuhkan borok 

Borok adalah luka yang terbuka pada kulit, merasa perih, gatal, berair serta memiliki kandungan nanah. Umumnya disebabkan karena luka serta infeksi. Untuk mengobatinya, dapat dicoba dengan ramuan herbal asam jawa. Ambillah sebagian biji asam jawa lalu ditumbuk sampai halus. Ramuan itu ditempelkan pada borok lalu diperban. Ubah sehari sekali. 

21. Menyembuhkan gatal pada sisa luka yang telah kering 

Sisa luka yang telah kering kadang-kadang masih tetap tersisa rasa gatal hingga tidak tahan mau menggaruknya. Tetapi, bila digaruk dapat menyebabkan luka lecet yang membuatnya terbuka kembali. Untuk mengatasinya dapat memakai cara tersebut. 

Rendam asam kawak dengan air masak hingga mengembang. Lalu gosokkan pada sisa luka yang gatal. Atau dapat pula dengan melembutkan 1 genngam daun asam serta kunyit seperlunya. Lalu tempelkan ramuan itu pada sisa luka yang merasa gatal. 

22. Menyembuhkan demam 

Bukan hanya efekfit menyembuhkan sakit panas yang terkena oleh anak-anak, daun asam jawa juga ampuh untuk menujrunkan demam pada orang dewasa. Jadi, bila anda terserang demam dapat ambillah 1 genggam daun asam jawa serta adas pulawaras seperlunya. Ke-2 bahan itu di rebus dengan 1 liter air sampai tersisa setengahnya. Saring airnya, lalu diminum 2 kali sehari setiap pagi serta sore. 

23. Bengkak lantaran digigit serangga 

Sebagian type serangga mempunyai dapat yang bila menyengat bisa mengakibatkan kulit bengkak. Umpamanya lipan, lebah, tawon serta kalajengking. Walau sengatannya tidaklah sampai membahayakan nyawa, namun tetap mesti diobati. Nah, satu diantara ramuan tradisional untuk mengatasinya yaitu dengan asam jawa. 

Caranya, ambillah 3 biji asam jawa lalu ditumbuk sampai halus. Sisi yang bengkak dibikin bersih dahulu dengan kain yang telah diolesi dengan minyak kayu putih. Kemudian tempelkan asam jawa yang telah ditumbuk halus di bagian yang bengkak (sakit). 

24. Menyembuhkan gatal berbentuk titik-titik merah memiliki kandungan air 

Entah apa nama penyakit itu, namun yang pasti keadaan kulit yang diserang merasa gatal dengan timbulnya bintik-bintik merah pada permukaan kulit serta memiliki kandungan air miri cacar atau campak, namun bukanlah. Apapun nama penyakitnya bila anda alami keadaan yang seperti itu selekasnya obati dengan ramuan asam jawa berikut ini. 

Ambillah temulawak sebesar ibu jari lalu dicuci bersih serta iris tidak tebal. Rebus dengan satu gelas air berbarengan gula aren hingga airnya cuma tersisa 1/2 gelas. Berikan asam kawak sebesar ibu jari serta aduk sampai rata. Saring airnya serta minum sekalian. 

25. Menangani bau anyir waktu h a i d 

Kadang-kadang, haid dibarengi dengan baua nyir. Untuk mengatasinya, ambillah asam kawak sebesar ibu jari, 10 irislah temulawak serta irisan gula aren seperlunya. Seduh dengan air panas sejumlah satu gelas. Aduk-aduk sampai rata serta gula aren larut. Saring airnya serta diminum sekalian. Lakuakn setiap hari sepanjang masa haid. 

26. Menyembuhkan penyakit campak 

Penyakit campak umumnya menyerang anak-anak walau dulunya telah diberikan vaksin. Ada yang katakan tiap-tiap orang tentu terserang penyakit itu sekali seumur hidupnya. Saya sendiri sempat juga merasakannya. Penyakit campak adalah penyakit menular yan dikarenakan oleh virus campak dari goglongan Paramixovirus. Untuk mengatasinya dapat dengan memakai ramuan tradisional dari asam jawa di bawah ini. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu 3 gelas daun asam jawa, 3 irislah rimpang kunyit fresh (dicuci bersih), gula aren serta garam seperlunya. Seluruhnya bahan di rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Sesudah dingin, airnya disaring serta diminum 2 kali sehari setiap pagi serta sore. 

Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan 

Manfaat asam jawa bukan cuma untuk kesehatan serta dunia penyembuhan tradisional, tetapi juga untuk dunia kecantikan. Manfaat asam jawa untuk kecantikan salah satunya menyembuhkan jerawat serta perawatan kecantikan kulit muka. Caranya, simak penjelasan di bawah ini. 

27. Menyembuhkan jerawat 

Siapa sih yg tidak kesal dengan jerawat? Bahkan juga waktu telah pulih juga masih tetap tersisa sisa yang berbentuk flek hitam serta bahkan juga luka bopeng pada kulit. Untuk menangani jerawat, Anda dapat mengguankan ramuan kunyit seperti berikut ini. 

Bahan : 12 lembar daun sambiloto, 10 irislah temulawak, 5 cm kencur, 1 sendok teh adas, serta 10 lembar daun jintan, seluruhnya bahan dicuci. Asam kawak sebesar ibu jari orang dewasa. 
Cara penyembuhan : Seluruhnya bahan ditumbuk sampai halus, serta berikan asam kawak. Seduh dengan 2 gelas air panas. Sesudah dingin, airnya disaring serta diminum 3 kali satu hari. 

Untuk penyembuhan luar, ambillah 3 biji asam jawa lantas diseduh dengan satu gelas air panas. Sesudah dingin, airnya disaring serta dipakai untuk bersihkan muka saat pagi hari. 

28. Membuat cerah kulit 

Asam jawa dapat pula dipakai untuk perawatan kulit supaya terlihat lebih cerah. Caranya, lumatkan daging buah asam jawa dengan air hangat. Berikan sedikit bubuk kunyit lalu aduk sampai membuat adonan seperti lulur. Pakai ramuan itu sebagai lulur, diamkan sepanjang 15 menit agar nutrisi meresap. Lalu basuh dengan air bersih. 

29. Mengangkat sel kulit mati 

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam buah asam jawa bisa menolong mengangkat beberapa sel kulit mati yang membuat muka tampak kusam. Caranya, lumatkan daging buah asam jawa dengan sedikit garam serta yogurt hingga terbentuk adonan sepeti pasta. Terapkan adonan itu di wajah sebagai masker, jauhi sisi mata. Diamkan sepanjang 20 menit, sembari dipijat perlahan untuk mengangkat beberapa sel kulit mati. Basuh dengan air bersih. 

30. Menyingkirkan selulit 

Selulit atau dikatakan sebagai sindrom kulit jeruk yaitu lemak yang terjebak dibawah permukaan kulit. Lemak yang tidak sukses dibuang itu menyebabkan struktur yang tidak rata pada kulit, seperti kulit jeruk. Selulit umumnya menyerang sisi badan sebagai sarang lemak seperti lengan atas sisi dalam serta belakang, paha dalam atas serta belakang, punggung atas (dibawah bahu), punggung bawah, serta pantat. 

Untuk mengatasinya campur asam jawa dengan sedikit gula pasir, baking soda serta air perasan jeruk lemon. Aduk sampai benar-benar rata. Pakai pada kulit di mana selulit ada, sembari dipijat dengan cara lembut dengan arah melingkar searah jarum jam. Diamkan sepanjang 10 menit, lantas bersihkan dengan air hangat. 

Nah, nyatanya manfaat asam jawa untuk kesehatan serta kecantikan sangatlah banyak bukan? Jadi bukan sekedar bermanfaat sebagai bumbu masak. Oh, ya bahkan juga asam jawa itu sangatlah bermanfaat untuk mensupport program diet anda karena dapat menyerap lemak dari pada badan. Selamat coba serta mudah-mudahan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu