-->

DM (Diabetes Mellitus)

Diabetes adalah suatu penyakit karena tubuh tidak mampu mengendalikan jumlah gula, atau glukosa, dalam aliran darah. Ini menyebabkan hiperglikemia, suatu kadar gula darah yang tingginya sudah membahayakan.
Faktor utama pada diabetes ialah insulin, suatu hormon yang dihasilkan oleh sel khusus di pankreas. Insulin memberi sinyal kepada sel tubuh agar menyerap glukosa. Insulin, bekerja dengan hormon pankreas lain yang disebut glukagon, juga mengendalikan jumlah glukosa dalam darah. Apabila tubuh menghasilkan terlampau sedikit insulin atau jika tubuh tidak menanggapi insulin dengan tepat terjadilah diabetes.

Diabetes biasanya dapat dikendalikan dengan makanan yang rendah kadar gulanya, obat yang di minum, atau suntikan insulin secara teratur. Meskipun begitu, penyakit ini lama kelamaan meminta korban juga, terkadang menyebabkan komplikasi seperti kebutaan dan stroke.

1. DEFINISI
Diabetes adalah suatu penyakit karena tubuh tidak mampu mengendalikan jumlah gula, atau glukosa, dalam aliran darah. Ini menyebabkan hiperglikemia, suatu kadar gula darah yang tingginya sudah membahayakan.
Faktor utama pada diabetes ialah insulin, suatu hormon yang dihasilkan oleh sel khusus di pankreas. Insulin memberi sinyal kepada sel tubuh agar menyerap glukosa. Insulin, bekerja dengan hormon pankreas lain yang disebut glukagon, juga mengendalikan jumlah glukosa dalam darah. Apabila tubuh menghasilkan terlampau sedikit insulin atau jika tubuh tidak menanggapi insulin dengan tepat terjadilah diabetes.
Diabetes biasanya dapat dikendalikan dengan makanan yang rendah kadar gulanya, obat yang di minum, atau suntukan insulin secara teratur. Meskipun begitu, penyakit ini lama kelamaan minta korban juga, terkadang menyebabkan komplikasi seperti kebutaan dan stroke.
2. ETIOLOGI
Penyebab utama diabetes di era globalisasi adalah adanya perubahan gaya hidup (pola makan yang tidak seimbang, kurang aktivitas fisik). Selain itu, adanya stress, kelainan genetika, usia yang semakin lama semakin tua dapat pula menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit diabetes. Penyakit ini dapat dicegah dengan merubah pola makan yang seimbang (hindari makanan yang banyak mengandung protein, lemak, gula, dan garam), melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari (berenang, bersepeda, jogging, jalan cepat), serta rajin memeriksakan kadar gula urine setiap tahun (Sinaga, 2003).
3. PATOFISIOLOGI
Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu kelainan yang heterogenik dengan karakter utama hiperglikemia kronis. Meskipun pola pewarisannya belum jelas, faktor genetik dikatakan memiliki peran yang kuat dalam munculnya DM ini. Faktor genetik ini akan berinteraksi dengan faktor lingkungan seperti gaya hidup, diet, rendahnya aktivitas fisik, obesitas dan tingginya kadar asam lemak bebas. Pada DM terjadi defek sekresi insulin, resistensi insulin di perifer dan gangguan regulasi produksi glukosa oleh hepar.
4. KLASIFIKASI DIABETES MELLITUS
4.1. Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM)
4.1.1. Definisi
Yaitu tipe dari diabetes melitus dimana terjadi kekurangan insulin secara total atau hampir total dan apabila tidak diberikan insulin kepada penderita dapat menyebabkan kematian dalam beberapa hari yang disebabkan ketoasidosis.
4.1.2. Etiologi
Hampir semua (95%) kasus IDDM terjadi karena kombinasi genetik dan faktor lingkungan. Interaksi ini menyebabkan ter¬jadinya destruksi autoimun pada sel beta pulau-pulau Langerhans. Defisiensi insulin baru terjadi saat 90% sel beta sudah mengalami destruksi.
Komponen genetik yang menyebabkan IDDM sudah jelas diteliti, yakni molekul DR3 dan DR4 pada HLA kelas II. Lebih dari 90% anak kulit putih memiliki ekspresi DR3 dan/atau DR4 pada HLA mereka. Pasien yang memiliki ekspresi DR3 juga berisiko memiliki endokrinopati autoimun dan penyakit celiac. Pasien pasien ini sa¬ngat berisiko menderita IDDM di kemu¬dian hari karena telah terdeteksi adanya an¬tibodi anti sel-sel beta. Pasien dengan DR4 umumnya menderita IDDM pada usia dini dan dapat ditemukan anibodi an¬ti sel-sel beta namun tidak ditemukan endokrinopati autoimun lainnya. Fre¬kuen¬si terjadinya IDDM pada anak ialah 2-3% jika sang ibu menderita diabetes dan 5-6% pada anak dengan ayah diabetes. Ang¬kanya menjadi 30% pada anak de¬ngan ayah ibu menderita diabetes.
Komponen lingkungan yang menye¬bab¬kan IDDM sangat berperan penting dan sifatnya sangat multifaktorial. Ada pe¬nelitian yang menyebutkan bahwa in¬fek¬si virus Rubella dapat memodifikasi kom¬ponen autoimun sehingga ibu yang mengalami infeksi ketika hamil cende¬rung memiliki anak yang bebas penyakit autoimun, sebaliknya angka kejadian IDDM jauh meningkat pada ibu yang sa¬ngat rendah terekspos dengan infeksi ke¬ti¬ka hamil. Anak-anak yang disusui oleh ibunya waktu kecil juga sedikit menderita IDDM, sedangkan terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa sebagian protein susu sapi (albumin serum bovine) memiliki antigen yang mirip dengan sel-sel beta. Nitrosamin, bahan pengawet makanan dan campuran air minum, juga dilaporkan dapat menyebabkan IDDM pada hewan, namun belum ada bukti da¬pat terjadi pada manusia.
Senyawa kimia yang dapat menyebab¬kan IDDM ialah Streptozocin dan RH-787, racun tikus yang spesifik menghancurkan sel-sel beta sehingga menyebabkan IDDM. Penyebab lainnya ialah tidak ada¬nya pankreas atau sel beta kongenital sejak lahir, telah dilakukan pankreatektomi, atau telah terjadi disfungsi pankreas akibat penyakit lain, seperti fibrosis kis¬tik, pankreatitis kronik, talasemia mayor, hemokromatosis, serta sindrom uremia hemolitik. Penyakit lainnya ialah sindrom Wolfram (diabetes insipidus, diabetes me¬llitus, atrofi optik, dan tuli) serta kelainan kromosom (sindrom Down, sindrom Klinefelter, sindrom Turner, atau sin¬drom Prader-Willi)
4.1.3. Epidemiologi dan Patofisiologi
Secara umum di dunia terdapat 15 ka¬sus per 100.000 individu pertahun yang menderita DM tipe 1. Tiga dari 1000 anak akan menderita IDDM pada umur 20 tahun nantinya. Insiden DM tipe 1 pa¬da anak-anak di dunia tentunya berbeda. Terdapat 0.61 kasus per 100.000 anak di Cina, hingga 41.4 kasus per 100.000 anak di Finlandia. Angka ini sangat ber¬variasi, terutama tergantung pada lingkungan tempat tinggal. Ada kecenderung¬an semakin jauh dari khatulistiwa, angka kejadiannya akan semakin tinggi. Meski belum ditemukan angka kejadian IDDM di Indonesia, namun angkanya cenderung le¬bih rendah dibanding di negara-negara Eropa.
Lingkungan memang mempengaruhi ter¬jadinya IDDM, namun berbagai ras da¬lam satu lingkungan belum tentu memi¬liki perbedaan. Orang-orang kulit putih cenderung memiliki insiden paling tinggi, se¬dangkan orang-orang cina paling rendah. Orang-orang yang berasal dari daerah de¬ngan insiden rendah cenderung akan le¬bih berisiko terkena IDDM jika bermigrasi ke daerah penduduk dengan insiden yang lebih tinggi. Penderita laki-laki lebih ba¬nyak pada daerah dengan insiden yang ting¬gi, sedangkan perempuan akan lebih be¬risiko pada daerah dengan insiden yang rendah.
Secara umum insiden IDDM akan me¬ningkat sejak bayi hingga mendekati pubertas, namun semakin kecil setelah pu¬bertas. Terdapat dua puncak masa kejadian IDDM yang paling tinggi, yakni usia 4-6 tahun serta usia 10-14 tahun. Ka¬dang-kadang IDDM juga dapat terjadi pa¬da tahun-tahun pertama kehidupan, mes¬ki¬pun kejadiannya sangat langka. Diag¬no¬sis yang telat tentunya akan menimbul¬kan kematian dini. Gejala bayi dengan IDDM ialah napkin rash, malaise yang ti¬dak jelas penyebabnya, penurunan berat ba¬dan, senantiasa haus, mun¬tah, dan de¬hidrasi.
Insulin merupakan kom¬ponen vital da¬lam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. In-su¬lin menurunkan kadar glu¬ko¬sa darah dengan ca¬ra memfasilitasi masuk¬nya glukosa ke dalam sel, terutama otot serta mengkonversi glukosa menjadi glikogen (glikoge¬nesis) sebagai cadangan energi. Insulin juga menghambat pe¬le¬pas¬an glukosa dari glikogen hepar (gli¬ko¬ge¬nolisis) dan memperlambat pemecah¬an lemak menjadi tri¬gliserida, asam lemak be¬bas, dan keton. Selain itu, insulin juga menghambat pe¬mecahan protein dan le¬mak untuk memproduksi glukosa (glukoneogenesis) di he¬par dan ginjal. Bisa di¬ba¬yangkan betapa vitalnya peran insulin da¬lam metabolisme.
Defisiensi insulin yang dibiarkan akan menyebabkan tertumpuknya glukosa di darah dan terjadinya glukoneogenesis te¬rus-menerus sehingga menyebabkan ka¬dar gula darah sewaktu (GDS) meningkat drastis. Batas nilai GDS yang sudah dikategorikan sebagai diabetes mellitus ialah 200 mg/dl atau 11 mmol/l. Kurang dari itu dikategorikan normal, sedangkan ang¬ka yang lebih dari itu dites dulu dengan Tes Toleransi Glukosa Oral (TTGO) untuk me¬nentukan benar-benar IDDM atau ka¬tegori yang tidak toleran terhadap glu¬kosa oral.4.1.4. Gejala Klinis
Tanda-tanda yang paling mudah dikenali ialah tanda-tanda akibat hipergli¬ke¬mia, glikosuria, dan ketoasidosis. Hi¬per¬glikemia itu sendiri bisa tidak menimbul¬kan gejala apa-apa, meskipun kadang di¬te¬mukan malaise, sakit kepala, dan ke¬le¬mahan tubuh. Anak-anak juga menjadi irritable, mudah marah, dan sering ngambek, namun gejala utama hiperglikemia ialah akibat diuresis os-motik dan glikosu¬ria. Gli¬kosuria itu sendiri merupakan pe¬ningkatan fre¬kuen¬si dan volume urin (po¬¬liuri) sehingga sering membuat anak-anak se¬ring mengompol di malam hari. Gejala ini mudah di¬kenali pada bayi karena se¬ring sekali minum dan banyak sekali urin pada diapernya.
Polidipsia terjadi karena terdapat diu¬resis osmotik sehingga menyebabkan dehidrasi. Penurunan berat badan terjadi ka¬rena terjadi pemecahan lemak dan protein dalam jumlah banyak, meskipun naf¬su makan anak relatif normal. Kegagalan tumbuh mungkin menjadi tanda utama yang membuat orang tua khawatir dengan anaknya sehingga memeriksakan ke dokter dan biasanya akan ditemukan hiperglikemia primer.
Malaise yang nonspesifik dapat terjadi kapan saja, terutama sebelum ditemukannya tanda-tanda hiperglikemia, atau mung¬kin dapat menjadi petanda tersen¬di¬ri selain hiperglikemia, sehingga bukan se¬bagai tanda klinis yang khas. Gejala lain yang sangat perlu dikenali ialah ge¬jala-gejala pada ketoasidosis, yakni de¬hi¬drasi berat, tercium bau keton di mulut, napas asidosis (Kussmaul) yang mirip res¬piratory distress, nyeri abdomen, mun¬tah, somnolen hingga koma. Selain itu anak juga akan rentan terhadap infeksi karena terdapat penurunan imunitas aki¬bat hiperglikemia, terutama infeksi sa¬luran napas, saluran kemih, dan kulit, se¬hingga dapat ditemukan kandidosis. Yang paling sering dan mudah dikenali ialah kandidosis di daerah selangkangan.
Selain gejala malaise dan dehidrasi, anak-anak dengan diabetes dini tidak memiliki tanda yang khas pada tubuhnya. Mengingat penyakit endokrin autoimun ba¬nyak terjadi pada anak dengan IDDM, mungkin dapat ditemukan gejala endokri¬nopati lain, misalnya hipertiroidisme de-ngan gejala overaktivitas, cepat lelah, atau teraba gondok. Katarak dapat terjadi namun sangat jarang, kalaupun ada bia¬sanya pada anak perempuan dengan hiperglikemia pada jangka waktu lama. Da¬pat ditemukan nekrobiosis lipoidika, be¬rupa daerah atrofi berwarna merah yang berbatas tegas. Kondisi ini terjadi akibat luka pada kolagen kulit dan sulit untuk diobati.


4.1.5. Pemeriksaan Laboratorium
Tidak diperlukan pemeriksaan radiologi secara rutin, yang lebih berperan ialah pemeriksaan laboratoorium. Pemeriksaan Gula Da¬rah Sewaktu (GDS) dan Glukosa Darah Pua¬sa (GDP) paling sering dilakukan. Ba¬tas¬nya 200 mg/dl (11 mmol/l) untuk GDS dan 120 mg/ml (7 mmol/l) untuk GDP. Selain darah, glukosa urin dapat me¬nunjang diagnosis dan keton urin da¬pat menjadi petanda Ketoasidosis Dia¬be¬tik (KAD), meskipun keton urin normal di¬temukan pada orang yang lapar dan pua¬sa. Ketonuria dapat menjadi marker jika terdapat defisiensi insulin dan gejala klinis yang menunjang KAD.
Hemoglobin yang terglikosilasi (HbA1a, HbA1b, dan HbA1c) merupakan ha¬sil reaksi glukosa dengan hemoglobin yang nonenzimatik. Jika terjadi hipergli¬ke¬mia pada waktu yang lama maka permu¬kaan hemoglobin akan terglikosilasi tan¬pa enzim tertentu, sehingga akan terbentuk ikatan glikosilat pada minggu ke 8-10. Petanda ini menjadi penting karena da¬pat memantau perjalanan penyakit, bia¬sanya diperiksa setiap tiga bulan se¬kali. Kisaran angka normal ialah 7-9%. Di bawah 7 berarti telah terjadi hipoglikemia dalam waktu lama, sedangkan di atas 9 berarti makin rentan terdapat komplikasi diabetes mellitus jangka panjang.
Pemeriksaan fungsi ginjal tidak perlu di¬lakukan sebagai pemeriksaan rutin, sementara pemeriksaan kimia darah lain yang tersier, misalnya antibodi anti sel be¬ta dan antibodi anti insulin tidak harus di¬lakukan karena bukan merupakan marker yang spesifik IDDM. Anak-anak de¬ngan IDDM juga kadang memiliki endo¬kri¬nopati autoimun lainnya, sehingga perlu di¬lakukan pemeriksaan kadar tiroid. Pada daerah dengan makanan pokok gandum, IDDM juga dapat menyebabkan penyakit celiac dan dapat ditemukan antibodi anti¬gliadin (misalnya, Antiendomysial dan anti¬trans¬glutaminase).
Tes lain yang sering dilakukan ialah Tes Toleransi Glukosa Oral (TTGO). Dengan tes ini diabetes mellitus dapat di¬singkirkan jika terdapat hiperglikemia atau glukosuria tanpa adanya penyebab ti¬pikal (penyakit kronis, terapi steroid) atau saat kondisi pasien memang meng¬alami glukosuria. Tes ini dilakukan de¬ngan melakukan pemeriksaan GDP kemudian memberikan glukosa oral (2 g/kg un¬tuk anak <3 tahun, 1.75 g/kg untuk anak 3-10 tahun, atau 75 g untuk anak >10 ta¬hun) dan dites dua jam kemudian. Angka GDP di atas 120 mg/dl (6,7 mmol/l) dan GDS 2 jam PP di atas 200 mg/dl (11 mmol/l) merupakan petanda diabetes mellitus. OGTT yang dimodifikasi juga da¬pat dikerjakan untuk mengenali MODY. Pa¬da MODY dan DM tipe 2, selain pening¬katan GDP-GDS, dapat ditentukan insulin atau c-peptide (termasuk prekursor) da¬lam kadar yang bervariasi. Profil lipid juga sebaiknya dikerjakan. Albumin urin (albumin excretion rate) dapat dites untuk me¬mantau terjadinya mikroalbuminuria, pe¬tan¬da dini nefropati DM.
4.1.6. Penatalaksanaan
Semua penderita IDDM membutuhkan terapi insulin. Hanya anak-anak dengan de¬hidrasi berat, muntah terus-menerus, ke¬lainan metabolik, atau anak dengan penyakit kronis yang membutuhkan pera¬wat¬¬an di rumah sakit dengan rehidrasi intra¬vena. Pengobatan pun harus dilaksa¬na¬kan secara terpadu; orang tua dan anak diajarkan untuk senantiasa mengecek sendiri kadar gula darah, menginjeksi insulin, serta untuk mengenali dan meng¬obati hipoglikemia. Diperlukan konsultasi ke ahli gizi, ahli diabetes, ahli oftalmologi, serta kadang psikolog.
Diet untuk anak dengan IDDM merupa¬kan komponen yang sangat esensial. Tujuan diet pada IDDM ialah menyeimbang¬kan asupan makanan dengan dosis insu¬lin dan aktivitas dengan cara menjaga ka¬dar glukosa dalam rentang normal. Se¬baik¬nya dapat diperkirakan jumlah karbohidrat yang dikandung dalam suatu ma¬kan¬an terutama bagi yang menggunakan insulin kerja cepat secara injeksi atau pom¬pa ketika makan. Karbohidrat kompleks (mis. Sereal) dapat dikonsumsi sebelum tidur untuk mencegah terjadinya hi¬poglikemia nokturnal, terutama bagi yang mengkonsumsi insulin dua kali se¬hari.
DM merupakan kelainan metabolisme energi sehingga asupan makanan harus dijaga agar sebisa mungkin membatasi nu¬trisi yang membutuhkan metabolisme energi. Saat ini makanan yang dianjurkan ia¬¬lah tinggi serat dan karbohidrat namun ren¬dah lemak. Karbohidrat sebaiknya 50-60% dari total asupan energi, tidak lebih da¬ri 10% da¬ri sukrosa. Lemak harus ku¬rang dari 30% dan protein sebanyak 10 sampai 20%.
Tidak ada pantangan untuk beraktivitas bagi penderita IDDM, namun kadang setelah melakukan aktivitas berat dapat terjadi hipoglikemia yang meliputi tungkai, menyebabkan sulit berjalan, lari, atau bersepeda. Setelah beraktivitas berat disarankan mengkonsumsi kudapan da¬lam jumlah agak banyak sebelum tidur.
Insulin mutlak diperlukan bagi penderi¬ta IDDM dengan rute pemberian yang beraneka macam. Januari 2006 lalu US-FDA telah menyetejui penggunaan insulin in¬ha¬ler untuk dewasa yang diekstrak dari ma¬nusia (rDNA), namun dicabut kembali ka¬rena harganya tidak dapat dijangkau se¬mua kalangan. Terdapat tiga golongan in¬sulin secara klinis, yakni short-acting (mis. Regular, soluble, lispro, aspart, glu¬li¬sine), medium dan intermediate-acting (isophane, lente, dentemir), serta long-act¬ing (ultralente, glargine). (Baca Terapi Insulin untuk Praktek Sehari-hari).
Selain insulin, obat-obatan lain yang per¬lu diwaspadai mengurangi efek hipoglikemik insulin ialah asetazolamid, ARV, as¬paraginase, fenitoin, isoniazid, diltia¬zem, diu¬retik, kortikosteroid, tiasid, es¬tro¬gen ti¬roid, kalsitonin, kontrasepsi oral, diazoxide, dobutamin, fenotiazin, siklo¬fos¬famid, litium karbonat, epinefrin, mor¬fin, dan nia¬sin. Sedangkan obat yang me¬ning¬katkan efek hipoglikemik insulin ialah ACE-in¬hi¬bi¬tor, alkohol, tetrasklin, penye¬kat beta, ste¬roid anabolik, piridoksin, sa¬li¬silat, MAO-inhibitor, mebendazole, sulfo¬namid, fenil¬bu¬tazon, klorokuin, klofibrat, fenfluramin, gua¬nethidine, octreotide, pen¬tamidine, dan sulfinpyrazone.
4.2. Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus
4.2.1. Definisi
Diabetes militus tipe II terjadi karena hormon insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya, dikenal dengan istilah Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM). Hal ini dikarenakan berbagai kemungkinan seperti kecacatan dalam produksi insulin, resistensi terhadap insulin atau berkurangnya sensitifitas (respon) sel dan jaringan tubuh terhadap insulin yang ditandai dengan meningkatnya kadar insulin di dalam darah. Ada beberapa teori yang mengutarakan sebab terjadinya resisten terhadap insulin, diantaranya faktor kegemukan (obesitas) dan riwayat keluarga menderita kencing manis diduga merupakan faktor resiko terjadinya penyakit ini.
Diabetes militus tipe II biasanya ditemukan pada orang dewasa usia 40 tahun ke atas, sekarang menyerang di usia lebih muda. ”Tahun lalu usia termuda 20 tahun, sekarang ada anak usia 8 tahun sudah terkena diabetes,” ungkap konsultan metabolik endokrin kelahiran Amsterdam.
4.2.2. Etiologi
a. Penyakit pancreas
b. Hormonal
Sekresi insulin oleh pankreas mungkin cukup, tetapi terdapat keterlambatan, sehingga glukosa sudah diabsorpsi masuk darah tapi insulin belum memadai
c. Obat atau bahan kimia
d. Kelainan reseptor
Jumlah reseptor di jaringan perifer kurang (antara 20.000 – 30.000); pada obesitas bahkan hanya sekitar 20.000 ataupun Jumlah reseptor cukup, tetapi kualitas reseptor jelek, sehingga insulin tidak efekti, selain itu Terdapat kelainan di pasca reseptor, sehingga proses glikolisis intra seluler terganggu.
e. Kelainan gestasional
4.2.3. Patofisiologi
Pengolahan bahan makanan dimulai dari mulut kemudian ke lambung dan selanjutnya ke usus. Di dalam saluran pencernaan, makanan yang terdiri dari karbohidrat dipecah menjadi glukosa, protein dipecah menjadi asam amino dan lemak menjadi asam lemak. Ketiga zat makanan itu diedarkan ke seluruh tubuh untuk dipergunakan oleh organ-organ di dalam tubuh sebagai bahan bakar. Supaya berfungsi sebagai bahan bakar zat makanan itu harus diolah, dimana glukosa dibakar melalui proses kimia yang menghasilkan energi yang disebut metabolisme.
Dalam proses metabolisme insulin memegang peranan penting yaitu memasukkan glukosa ke dalam sel yang digunakan sebagai bahan bakar. Normalnya insulin akan terikat dengan reseptor khusus pada permukaan sel sebagai akibat terikatnya insulin dengan reseptor tersebut, terjadi sel resistensi insulin pada diabetes tipe II disertai dengan penurunan reaksi intra sel ini. Dengan demikian insuliin menjadi tidak efektif untuk menstimulasi pengambilan glukosa oleh jaringan. Untuk mengatasi resistensi insulin dan mencegah terbentuknya glukosa dalam darah, harus terdapat peningkatan jumlah insulin yang disekresikan pada penderita toleransi glukosa terganggu, keadaan ini terjadi akibat sekresi insulin yang berlebihan, dan kadar glukosa akan dipertahankan pada tingkat yang normal atau sedikit meningkat. Namun untuk mengimbangi peningkatan kebutuhan akan insulin, maka kadar glukosa akan meningkat dan terjadi diabetes tipe II.
4.2.4. Manifestasi klinis
a. Jumlah urine yang dikeluarkan lebih banyak (Polyuria)
b. Sering atau cepat merasa haus/dahaga (Polydipsia)
c. Lapar yang berlebihan atau makan banyak (Polyphagia)
d. Frekuensi urine meningkat/kencing terus (Glycosuria)
e. Kehilangan berat badan yang tidak jelas sebabnya
f. Kesemutan/mati rasa pada ujung syaraf ditelapak tangan & kaki
g. Cepat lelah dan lemah setiap waktu
h. Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba
i. Apabila luka/tergores (korengan) lambat penyembuhannya
j. Mudah terkena infeksi terutama pada kulit.
k. Kelainan kulit: gatal dan bisul-bisul
l. Kelemahan tubuh
m. Luka atau bisul yang tidak sembuh-sembuh
n. Infeksi saluran kemih
o. Disfungsi neurologi, termasuk parestesi, hipestesi, kelemahan otot dan rasa sakit, mononeuropati, disfungsi otomatis dari traktus gastrointestinal (diare), sistem kardiovaskular (hipotensi ortostatik), sistem reproduksi (impoten), dan inkontinensia stress.
p. Makroangiopati yang meliputi sistem kardiovaskular (iskemi, angina, dan infark miokard), perdarahan intra serebral (TIA dan stroke), atau perdarahan darah tepi (tungkai diabetes dan gangren).
Kelainan kulit berupa gatal, biasanya terjadi di daerah genital ataupun daerah lipatan kulit lain, seperti di ketiak dan di bawah payudara, biasanya akibat tumbuhnya jamur. Sering pula dikeluhkan timbulnya bisul-bisul atau luka lama yang tidak mau sembuh. Luka ini dapat timbul akibat hal sepele seperti luka lecet karena sepatu, tertusuk peniti dan sebagainya. Rasa baal dan kesemutan akibat sudah terjadinya neuropati juga merupakan keluhan pasien, disamping keluhan lemah dan mudah merasa lelah. Keluhan lain yang mungkin menyebabkan pasien datang berobat ke dokter ialah keluhan mata kabur yang disebabkan oleh katarak ataupun gangguan-gangguan refraksi akibat perubahan-perubahan pada lensa akibat hiperglikemia.
Gangguan penglihatan. Kadar gula yang tinggi dalam darah akan menarik cairan dalam sel keluar, hal ini akan menyebabkan sel menjadi keriput. Keadaan ini juga terjadi pada lensa mata, sehingga lensa menjadi rusak dan penderita akan mengalami gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan ini akan membaik bila diabetes melitus berhasil ditangani dengan baik. Bila tidak tertangani, gangguan penglihatan ini akan dapat memburuk dan menyebabkan kebutaan.
Sering terinfeksi dan bila luka sulit sekali sembuh. Keadaan ini bisa terjadi karena kuman tumbuh subur akibat dari tingginya kadar gula dalam darah. Selain itu, jamur juga sangat menikmati tumbuh pada darah yang tinggi kadar glukosanya.
4.2.5. Diagnosis
a. Uji kadar gula plasma sederhana
Kadar gula plasma puasa diatas 140mg/dL pada lebih memastikan diagnosis diabetes militus. Sampel untuk pemeriksaan kadar glukosa puasa paling baik diambil pada pagi hari sesudah puasa semalaman.
b. Uji toleransi glukosa oral
Indikasi untuk suatu uji toleransi glukosa oral sangat jarang oleh karena criteria untuk suatu hasil yang masih positif masih belum sempurna yaitu didasarkan pada sekelompok orang muda aktif yang tidak dirawat dirumah sakit yang sesungguhnya tidak dapat dibandingkan dengan populasi yang lebih tua, sakit berat atau dirawat dirumah sakit dan pada waktu-waktu lampau uji toleransi glukosa oral menyebabkan diagnosis diabetes berlebihan.
c. Kadar insulin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu