-->

PENTING !! Jangan DiAbaikan, Apa Boleh Sahur Dulu Baru Mandi Junub? Tolong Sebarkan


Mungkin saja diantara kita ada yang pernah alami ada dalam kondisi junub pada malam hari. Hingga mengharuskan kita untuk mandi besar. Lalu bila akan puasa, bolehkah kita pilih sahur terlebih dulu baru mandi besar? 

Dari 'Aisyah serta Ummu Salamah ra, mereka bercerita, 
 " Nabi Saw masuk saat subuh, sesaat beliau dalam kondisi junub karena terkait dengan istrinya. Lalu beliau mandi serta berpuasa. " (HR. Bukhari serta Tirmidzi). 

Ya, bersih dari hadats besar atau kecil tidaklah prasyarat sah puasa seperti salat. Oleh karenanya, pilih sahur terlebih dulu baru mandi besar diijinkan. Tetapi, dianjurkan sebelumnya sahur untuk berwudhu terlebih dulu. Seperti yang Rasulullah Saw kerjakan juga. 

Dari 'Aisyah ra menyampaikan, 
 " Jika Nabi Saw dalam kondisi junub, lalu beliau menginginkan makan atau tidur, beliau berwudhu seperti wudhu akan salat. " (HR. Muslim). 

Jadi, jika kita terlepas punya mimpi atau terkait tubuh dengan pasangan, serta pilih untuk sahur terlebih dulu hal ini diijinkan. Namun ingat, saat saat subuh atau akan menginginkan salat subuh telah mandi besar/bersih dari kondisi junub. Serta jangan pernah meninggalkan salat subuh. (Said) 

sumber : arah. com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu