-->

Tanda-Tanda Awal Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui

Dalam artikel ini akan membahas beberapa tanda awal kehamilan yg paling umum. Tetapi, tanda-tanda ini bisa saja disebabkan oleh akibat lain yang bukan merupakan suatu pertanda kehamilan. Apabila anda merasakan dari salah satu awal tanda-tanda ini, tak menutup kemungkinan bahwa anda sedang hamil. Satu-satunya cara untuk mengetahui agar kesimpulan yang kita ambil lebih akurat yaitu dengan melakukan tes kehamilan dengan mengunjungi dokter, ataupun dapat dengan memanfaatkan test pack yang biasa dijual di apotek. 

Setiap wanita tentunya berbeda-beda, demikian juga dengan pengalaman kehamilannya. Tanda yg timbul antara wanita satu dengan yang lain sangat berbeda. Bahkan, satu orang wanita mampu mengalami ciri yang tidak serupa dari kehamilan yang satu ke kehamilan berikutnya. Tanda awal kehamilan sama dengan ciri sebelum & selagi menstruasi, oleh karena itu, paling sering tanda-tanda kehamilan tersebut dialami secara tidak di sadari. Berikut pemaparan tanda-tanda awal kehamilan:

tanda kehamilan, awal kehamilan
Tanda Kehamilan

Bercak & Kram Perut
Salah satu awal dari tanda-tanda kehamilan yaitu adanya bercak darah, terkadang terasa kram pada perut. Ini terjadi setelah telur dibuahi dan menempel pada dinding rahim. Ditandai oleh adanya bercak dan kram dikarenakan terjadinya pendarahan implantasi umumnya terjadi antara 6-12 hari setelah sel telur dibuahi sperma. Lalu, kram yang dirasakan sangat menyerupai awal menstruasi, namun perbedaannya yaitu adalah darah yang keluar tidak sebanyak saat menstruasi berikut juga dengan kram yang dirasakan.

Selain adanya bercak darah, terkadang vagina mengeluarkan cairan seperti susu yang bukan merupakan keputihan yang biasa dialami. Mengapa terjadi? karena hal ini berkaitan dengan adanya penebalan pada dinding vagina yang dimulai setelah pembuahan terjadi. Cairan putih ini akan berlangsung selama kehamilan, jadi anda tak perlu khawatir akan hal ini. Tetapi, apabila terasa gatal dan berbau tidak sedap maka segera lah datangi dokter, mungkin dokter akan mendiagnosis lebih lanjut untuk memastikan apakah cairan tersebut telah terinfeksi bakteri atau hal lain.

Perubahan Payudara
perubahan pada payudara adalah salah satu ciri awal kehamilan yang paling sering dialami, bahkan seluruh wanita yang mengalami kehamilan merasakan tanda ini. Ini dikarenakan adanya perubahan hormon yang terjadi pada wanita tersebut. Perlu anda ketahui, perubahan hormon ini salah satunya menyebabkan payudara terasa sakit, berat hingga menjadi bengkak, secara fisik daerah areola akan terlihat menggelap.  

Anda tidak perlu khawatir akan perubahan hormon ini. Karena, dalam beberapa saat, tubuh akan menyesuaikan diri dengan hormon tersebut. Setelah itu, rasa sakit yang terasa di sekitar payudara akan menghilang dengan sendirinya.

Kelelahan

Awal kehamilan anda akan diserang oleh rasa lelah yang luar biasa yang dirasakan sejak minggu pertama terjadinya kehamilan. Ini diakibatkan seperti rendahnya kadar gula darah, peningkatan produksi sel darah merah dan level progesterone.

Jika anda mengalami hal ini, tentunya anda akan merasa tidak nyaman dan sangat lelah, ini saatnya anda untuk beristirahat dan selalu makan-makanan yang kaya akan zat besi dan protein agar dapat ter recovery dengan cepat.

Mual/Morning Sickness
mual/morning sickness adalah gejala yang umumnya terjadi pada wanita yang mengalami awal kehamilan, namun tidak semua wanita merasakan hal ini. Penyebab dari mual yang terjadi yaitu dikarenakan kadar hormon wanita dengan memperlambat pengosongan saluran pencernaan sehingga biasanya wanita yang mengalami ini akan mengalami 'ngidam' atau ingin makanan-makanan tertentu.

Morning sickness dapat terjadi sepanjang hari, namun gejala ini akan menghilang dengan sendiri nya pada minggu ke 10-14. Hal yang perlu diperhatikan pada masa ini yaitu makan-makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi sehingga anda dan bayi anda akan berkembang dan ternutrisi.  

Terlambat Menstruasi / Tidak Menstruasi
Terlambat/Tidak mengalami menstruasi adalah hal yang paling jelas dialami oleh wanita hamil. Namun demikian, tidak semua yang terlambat menstruasi/tidak menstruasi selalu disebut hamil. Biasanya, pada wanita di awal kehamilan diikuti beberapa tanda kehamilan lainnya dan ini hal yang wajar yang berarti sel sperma telah berhasil membuahi sel telur.

Anda perlu mengetahui selain tanda awal kehamilan di atas telah kami paparkan, Tanda lain awal kehamilan menyebabkan hal-hal berikut ini:
  1. Sering buang air kecil
  2. Sembelit (susah buang air besar)
  3. Perubahan mood
  4. Sakit kepala dan nyeri sekitar punggung
  5. Pusing dan bahkan menyebabkan pingsan
Dalam awal kehamilan, seorang wanita dapat mengalami tanda atau ciri dari kehamilan yang telah kami paparkan. Untuk lebih akurat apabila anda mengalami tanda-tanda diatas segeralah kunjungi dokter agar dapat diketahui secara pasti usia kehamilan yang anda alami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu