-->

5 Makanan yang dapat Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Kolesterol merupakan kata yang sangat tidak asing yang sering ditemui oleh kita, tanpa kita sadari juga sebenarnya kolesterol sering masuk ke tubuh. Kolesterol ini merupakan salah satu lemak di tubuh yang dalam dunia medis disebut lipid. Tetapi apakah kolesterol ini apabila masuk kedalam tubuh sangat tidak baik bagi kesehatan? jawabannya mitos, karena kolesterol ini merupakan lemak tubuh yang berfungi berbagai macam untuk dijadikan energi bagi tubuh, tetapi faktanya kelebihan kolesterol ini dapat memburukan  kesehatan tubuh dan jika kadar kolesterol dalam tubuh kita sangat tinggi tentunya akan menjadi masalah yang sangat serius bagi kesehatan karena dapat menimbulkan plak-plak menyumbat pada pembuluh darah yang diantaranya dapat menyebabkan penyakit jantung.

Apa fungsi kolesterol dalam tubuh? Fungsi kolesterol sendiri diantaranya  merupakan penyusun membran sel, melindungi kulit dari racun ataupun bahaya dari sinar UV, Kolesterol yang baik jumlahnya tentu tidak berlebihan dan  kolesterol yang baik itu terdapat pada kacang-kacangan ataupun alpukat, tetapi apabila jumlah kolesterol tersebut sangat tinggi dan menjadi masalah buat anda maka anda harus segera memahami makanan apa saja  yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lalu apakah makanan  yang dapat menurunkan kadar kolesterol? jawabanya ada banyak, tetapi saya akan membahas 5 peringkat teratas makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

makanan penurun kolesterol, cara menurunkan kolesterol, makanan sehat


 
1. Kulit Manggis
Kulit manggis tergolong buah-buahan tetapi sangat efektif untuk menurunkan  kadar kolesterol dalam darah dan kaya akan antioksidan karena apabila enzim  yang terdapat dalam kulit manggis ini masuk kedalam tubuh, maka enzim  tersebut akan mengikat kolesterol jahat sehingga apabila dikonsumsi secara  rutin kadar kolesterol dalam tubuh andapun akan tetap normal.

2. Tomat
Tomat merupakan sayuran yang efektif menurunkan kadar kolesterol tubuh,  dengan meminum segelas sehari secara rutin maka dengan sendirinya  kolesterol tubuh yang tadinya memiliki kadar berlebihan maka lambat launpun  akan menjadi normal kembali.

3. Alpukat
Buah Alpukat ini adalah buah yang dapat meningkatkan kolesterol baik yang  dalam dunia medis disebut HDL atau artinya kolesterol baik, sehingga apabila  HDL masuk dalam tubuh, maka akan mengikis LDL atau kolesterol jahat.

4. Kacang Kedelai
Kacang kedelai ini merupakan salah satu kacang-kacangan yang sangat baik  untuk tubuh dan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena  kacang kedelai mengandung asam lemak Omega 3. Kacang kedelai ini dapat  divariasikan menjadi susu kedelai ataupun tahu dan sangat baik diminum atau  dimakan setiap hari secara rutin. 

5. Bawang Putih

Bawang putih ini selain mengandung antibiotik alami dan baik bagi tubuh  ternyata kandungan yang terdapat pada bawang putihpun dapat menurunkan  kadar kolesterol yang berlebihan pada tubuh.

Itulah 5 Makanan yang menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda,  semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu