-->

5 Jenis-Jenis Jerawat dan Ini Cara Penanganannya!

Jerawat terkadang bagi setiap orang yang mengalaminya tentu sangat  mengganggu dan tentunya sangat mengganggu penampilan. Jerawat sebenarnya ada berbagai macam dan berkarakteristik berbeda-beda bagi  setiap orang yang mengalaminya. Ada yang wajahnya penuh dengan  jerawat hingga ke leher atau punggung dan hanya timbul pada daerah T  saja, serta hanya timbul satu atau dua buah jerawat saja.

Kali ini saya akan mengulas macam-macam/tipe jerawat pada wajah dan cara penanganannya, dan  mungkin anda sedang mengalaminya kali ini. Dan kenali jenis jerawat yang ada pada wajah anda sehingga mudah untuk di tangani berikut ini:


jerawat, jenis jerawat, penanganan jerawat

1. ) Jerawat Klasik (Jerawat Biasa)
Jerawat ini mudah dikenali dari tonjolan yang berwarna pink atau  kemerahan, biasanya penyebabnya yaitu akibat hormon yang tidak  seimbang, Udara Lembap, Ataupun stress. Sehingga kulit akan  memproduksi minyak berlebihan dan memudahkan bakteri berkembang  biak pada wajah sehingga pori-pori tersumbat dan mengalami infeksi  dikarenakan bakteri tersebut.

Cara penanganan jerawat klasik (jerawat biasa):
- Rajin membersihkan muka dengan sabun wajah minimal 2X sehari dan  tidak lebih dari 4X terutama anda yang sibuk dengan aktifitas seperti  mengendarai motor setiap hari.
- Buka ventilasi/jendela pada pagi hari agar udara segar masuk kedalam  rumah sehingga rumah tidak akan lembap.
- Pergi ke dokter kulit merupakan penanganan yang efektif karena apabila  berkaitan dengan hormon atau stress jerawat akan sulit dihilangkan,  apabila anda mengalaminya karena keduanya maka wajib hukumnya ke  dokter, dan dokter pasti akan memberi pengobatan yang akan  menyeimbangkan keduanya.

2. ) Blackhead (Komedo Terbuka)
Komedo terbuka ini merupakan salah satu tipe jerawat yang biasanya  dapat terlihat seperti adanya titik hitam pada jerawat itu dikarenakan  adanya campuran zat penyumbat dan sebum mengalami oksidasi karena  udara sehingga berubah menjadi warna hitam. Komedo terbuka  (Blackhead) ini biasanya tidak menyebabkan infeksi, tetapi apabila  komedo tersebut sering di pegang ya pasti akan menjadi jerawat yang  besar atau terinfeksi bakteri.

Cara penanganan Blackhead (Komedo Terbuka):

- Rajin membersihkan wajah dengan sabun wajah secara teratur
- Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari
- Rajin melakukan Facial
- Menggunakan sabun ber-scrub halus dan tidak terlalu kasar karena  apabila terlalu kasar akan menimbulkan reaksi seperti kulit kemerahan atau  mengelupas sehingga dapat menimbulkan jerawat
- Masker alami seperti lemon, tomat, bengkuang, telur

3. ) Whitehead (Komedo Tertutup)
Komedo tertutup ini hampir sama dengan komedo terbuka, tetapi komedo  terbuka ini sifatnya dibawah kulit dan tidak terlihat seperti adanya titik  hitam, tetapi terlihat seperti tonjolan-tonjolan kecil berwarna putih biasanya  whitehead ini disebut beruntusan karena datangnya biasanya bergerombol  sehingga menyebabkan wajah terlihat kusam.

Cara penanganan Whitehead (Komedo Tertutup):
- Jangan langsung cuci muka apabila anda habis berpergian menggunakan  kendaraan bermotor
- Diet dan hindari makanan berlemak jenuh contohnya: bakso, pizza, mie
- Rajin cuci muka sebelum tidur
- Minum minimal 8 gelas per hari

4. ) Jerawat Batu
Jerawat ini berbentuk benjolan dan kista yang besar di bawah permukaan  kulit, peradangan biasanya berwarna sangat merah dan jika disentuh akan  terasa perih sekali, dan jerawat ini umumnya dapat hilang berbulan-bulan  karena jerawat batu ini merupakan jerawat yng paling sulit ditangani.

Cara penanganan Jerawat Batu:

- Jauhi makanan berlemak dan makanlah sayuran dan buah-buahan
- Jangan dipencet karena dapat memperparah kondisi jerawat dan dapat  menimbulkan bopeng
- Menggunakan salep khusus dari dokter kulit dan mengaplikasikan rutin
- Rajin cuci muka
- Minum 8 Gelas per hari
- Hindari stress berlebihan

5. ) Jerawat Conglobata

Jerawat ini sering terjadi biasanya pada laki-laki yang berusia 18-30 tahun,  jerawat ini ditandai dengan adanya benjolan yang saling menyambung dan  meradang, besar serta tetap aktif hingga bertahun-tahun lamanya. Jerawat  Conglobata biasanya terletak pada wajah, punggung, pantat, lengan,  ataupun dada.

Cara penanganan Jerawat Conglobata

- Pergi ke dokter
- Makanlah makanan yang bergizi dan asupan sayuran dan buah-buahan
- Lakukan masker dan facial secara rutin oleh ahli dermatologi
- Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari
- Hindari Stress
- Jangan memegang jerawat
- Berendam di air sulfur

Itulah 5 jenis-jenis jerawat dan cara penanganannya, manakah yang  termasuk yang anda sedang alami? mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan luhur didieu

Iklan tengah didieu 1

Iklan tengah didieu 2

Iklan handap didieu